Beasiswa untuk Keterlibatan Generasi Muda dalam Program Kelanjutusiaan

Friday, 18/08/2017Guwosari, Pajangan, Bantul

causes

SurveyMETER melakukan kegiatan pendampingan lanjut usia di Dusun Watugedug, Desa Guwosari, Pajangan, Bantul,  sejak tahun 2014. Berbagai kegiatan sudah berjalan secara mandiri yang diprakarsai oleh kader pendamping lansia yang saat ini berjumlah 8 orang perempuan. Kegiatan yang sudah bisa berjalan secara mandiri antara lain: senam lansia, posyandu lansia, PMT, homecare, bingkisan untuk lansia bedridden, kaderisasi, pencatatan terkait hasil pengukuran lansia, penyuluhan kader, pengukuran tekanan darah, posyandu sudah memiliki kas tersendiri untuk melakukan kegiatan dll. Selama kegiatan berjalan belum ada keterlibatan dari generasi muda.

Memasuki tahun 2017 satu terobosan baru digagas SurveyMETER untuk mendorong keterlibatan generasi muda dalam pendampingan lanjut usia di dusun, yaitu melalui Program Pemberian Beasiswa bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bersasal dari Dusun Watugedug yang berkomitmen terlibat aktif dalam kegiatan kelanjutusiaan di dusunnya. Beasiswa diberikan selama mereka menempuh sekolah selama 3 tahun. Harapannya ke depan, mereka bisa menjadi penerus dan mewakili generasi muda dusun untuk terlibat aktif dalam kegiatan kelanjutusiaan.

beasiswa

Seleksi calom penerima beasiswa diawali dengan seleksi administrasi (hanya siswa-siswi yang beminat melanjutkan studi di SMK) yang dilakukan pada November 2016. Selanjutnya, pada 17 Agustus 2017 kemarin, 7 siswa-siswi calon penerima beasiswa yang benar-benar sudah registrasi di SMK diseleksi secara alami untuk terlibat dalam perhelatan kegiatan senam lansia. Kegiatan tersebut serangkaian dengan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-72 di Dusun Watugedug.

Pada kesempatan tersebut, mereka diperkenalkan dengan tugas sederhana mereka ketika kegiatan seperti senam lansia dilaksanakan. Tugas awal mereka di antaranya membantu para kader posyandu lansia dalam mengarahkan para lanjut usia peserta senam, menjemput (bila perlu) untuk lanjut usia yang kejauhan, membantu melalukan pemeriksaan kesehatan (tensi darah), mempersiapkan makanan tambahan, dan seterusnya.

Dan, di atas semua tahap perkenalan tersebut, yang terpenting adalah upaya memotivasi meraka untuk aktif berkegiatan (berorganisasi) yang produktif sekaligus peduli terhadap lingkungan sekitar. (TPA/JF)