Pelatihan Pijat Tradisional Anti Kepikunan

Monday, 14/11/2016Guwosari, Pajangan, Bantul

causes

Melanjutkan kegiatan pendampingan kelanjutuisaan di Dusun Watugedug, Guwosari, Pajangan, Bantul SurveyMETER memfasilitasi pelatihan“Pelatihan Pijat Tradisional Jawa untuk Memperbaiki Kepikunan Warga  Lanjut Usia” untuk kader pendamping lanjut. Pelatihan dilaksanakan Minggu (13/11/2016) kemarin di rumah Kepala Dusun Watugedug. Selain diikuti oleh 7 kader, pelatihan kali ini juga diikuti oleh seorang pra-lansia laki-laki yang aktif mengikuti senam dan posyandu lansia.

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kader pendamping lanjut usia untuk memiliki skil melakukan pijat tradisional Jawa yang dapat diterapkan saat berkunjung ke lansia bedridden sasaran homecare. Pada kesempatan tersebut Direktur Eksekutif SurveyMETER, Dr Ni Wayan Suriastini M.Phil, turut hadir dan terlibat secara langsung pelatihan dari awal hingga akhir. Pemateri pelatihan adalah Ibu Yanti dan Ibu Rini, dua kader lansia binaan Yakkum Emergency Unit (YEU) dari Ngentak Sapen, Sleman. Keduanya merupakan kader pendamping lansia yang telah terlatih di dusunnya.

Pelatihan satu kali pertemuan itu berlangsung waktu sekitar 1,5 jam. Pemateri terlebih dahulu memberikan penjelasan mengenai pijat tradisional Jawa secara keseluruhan kemudian langsung dilakukan praktek langsung. Setelah itu semua peserta pelatihan melakukan praktek pijat secara bergantian dengan pengawasan langsung dari pemateri.

Pijat Jawa merupakan teknik pijat yang dilakukan secra turun temurun dan tradisional di masyarakat Jawa. Teknik pijat tradisional Jawa anti kepikunan ini diawali dengan pijat relaksasi di 3 titik yaitu: Raden Panji (betis kiri dan kanan), Boyok (pinggang sebelah kiri dan kanan tulang belakang), dan Cengel (kuduk sebelah kiri dan kanan). Masing-masing titik dipijat selama 2 menit.

Setelah itu mulai terapi menekan dengan memakai teknik pijat bervariasi selama 3 menit pada 8 titik secara berurutan. Yaitu Ngisor pongol (antara tulang ibu jari dan dan tulang telunjuk jarikaki kiri dan kanan), Ngisor Kemiri (terrletak pada bagian bawah mata kaki kiri dan kanan), Raden Panji (betis kiri dan kanan), Boyok (pinggang sebelah kiri dan kanan tulang belakang), Cengel (Pada kuduk sebelah kiri dan kanan), Pokping (bawah tulang telinga kiri kanan,untuk melenyapkan kepusingan, bludreg, masuk angin dan kurang tidur), Pilingan (pelipis kiri dan kanan), Embun-embun (ubun-ubun kepala).

Selain bermanfaat untuk mengurangi kepikunan, pijat tersebut juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, meredakan ketegangan otot dan pikiran, dan meningkatkan nafsu makan. (TPA/JF)