Kemandirian Kader Lansia Dusun Watugedug

Tuesday, 16/02/2016Guwosari, Pajangan, Bantul

causes

Program Pendampingan Lansia Desa Guwosari Kabupaten Bantul membuahkan hasil. Kegiatan yang sudah berjalan hampir setahun ini telah membentuk kader lansia Posyandu Anggrek dusun ini mandiri.

Tanpa harus diingatkan oleh SurveyMETER, dua kegiatan utama dari program ini terlaksana dengan baik. Pertama, layanan posyandu lansia dan senam lansia rutin serta pemberian makanan tambahan (PMT) terlaksana 2 minggu sekali di 2 titik. Kedua, kunjungan kepada lansia yang bedridden (sakit dan hanya mampu tiduran di rumah) rutin sebulan sekali. Terlebih setelah kader lansia ini mendapatkan pelatihan pembentukan club hipertensi dan pelatihan post stroke dan perawatan di rumah serta latihan pergerakan sendi.

pelatihan kader

Menurut koordinator program, Titis Putri Ambarwati, paska pelatihan ini tersebut kapasitas kader Posyandu Anggrek semakin berkembang. Dalam melaksanakan kegiatan mereka kian percaya diri dan mandiri. Mereka bisa melakukan hal-hal mulai dari menimbang, melakukan pengukuran tekanan darah, menjadi instruktur senam, hingga melakukan input data ke laptop. Laptop ini merupakan hibah dari SurveyMETER dilakukan saat pelatihan yang dilaksanakan pada 2 Februari 2016 lalu.

Keberadaan laptop tersebut sangat menunjang kemajuan, efektivitas kinerja dan kemandirian kader. Laptop ini digunakan untuk mendokumentasikan data kesehatan lansia saat layanan posyandu dilaksanakan. Rekap data perkembangan kesehatan setiap lansia digunakan kader sebagai rujukan dalam memberikan saran atau layanan pemeriksaan lanjutan. Data kesehatan lansia yang mencakup data kategori hipertensi atau tidak ini juga digunakan untuk menentukan apakah lansia tersebut dapat mengikuti senam lansia atau tidak. (JF)