Survei Komunitas dan Fasilitas SAKERTIM (KOMFAS SAKERTIM) 2012

Friday, 11/01/2013SurveyMETER

causes

Survei Komunitas dan Fasilitas dan Survei Rumah Tangga merupakan dua rangkaian survei dalam SAKERTIM (IFLS East) sehingga survei ini merupakan survei dengan tujuan ganda (multipurpose survey), yaitu disamping mengumpulkan informasi dari rumah tangga, juga mengumpulkan informasi dan data di fasilitas-fasilitas kesehatan dan pendidikan yang diketahui dan digunakan oleh rumah tangga di wilayah yang terpilih. Informasinya meliputi infrastruktur, keadaan sosial ekonomi, akses ke fasilitas pendidikan, kesehatan serta kualitas pelayanan yang tersedia, serta harga barang-barang kebutuhan sehari-hari. KOMFAS SAKERTIM ini juga terselenggara atas kerjasama SurveyMETER dan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) atas suport AusAID.

Sampel dari survei komunitas adalah 98 wilayah pencacahan SAKERTIM (IFLS East) yang telah ditentukan. Sampel fasilitas pendidikan dan kesehatan adalah fasilitas di wilayah pencacahan yang disebutkan oleh rumah tangga dalam Survei Rumah Tangga. Di dalam setiap strata, fasilitas-fasilitas diurutkan menurut frekuensi yang disebutkan oleh responden. Fasilitas-fasilitas yang paling sering disebutkan selalu terpilih untuk dikunjungi sedangkan yang lain dipilih secara acak. Fasilitas kesehatan dan pendidikan yang pernah disebutkan oleh rumah-tangga sampel kemudian dikumpulkan menjadi satu dalam buku Daftar Keberadaan Fasilitas (DKF).

Fasilitas kesehatan yang dikunjungi adalah Puskesmas/Pustu, Praktik  Swasta seperti klinik, dokter praktek umum, bidan, mantri/perawat, dan bides, serta Posyandu. Mengingat meningkatnya peran Posyandu Lansia serta untuk melengkapi informasi tentang perubahan sosial maka, KOMFAS SAKERTIM juga mewawancarai Posyandu Lansia serta Pemuka Adat. Sementara fasilitas pendidikan yang dikunjungi adalah Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Pada tingkat komunitas, kepala desa serta stafnya diwawancarai mengenai keadaan sosial ekonomi serta ketersediaan sarana dan prasarana di komunitasnya. Penyelenggaraan program-program pemerintah juga akan ditanyakan pada tingkat komunitas baik kepada kepala desa maupun kepada informan.

Pelaksanaan pengumpulan data lapangan KOMFAS SAKERTIM ini dimulai bulan Akhir September hingga November 2012, dua bulan setelah pengumpulan data Survei Rumah Tangga selesai. Sebelumnya Tim KOMFAS melakukan training calon pewawancara pada 2-24 September 2012 bertempat di Grand Wahid Hotel Kota Salatiga.[JF]