Survei Kapasitas Pemerintah Daerah (KPEDA) 2009

Sabtu, 09/10/2010

causes
Pelatihan Pewawancara Survei KPEDA 2009

Survei ini merupakan Studi Baseline dari program Basic Education Capacity-Trust Fund (BEC-TF). Kemudian diperkenalkan sebagai Survei Kapasitas Pemerintah Daerah (KPEDA) atau Local Government Capacity Survey (LGCS). Wilayah studi di 50 kabupaten/kota di Nanggroe Aceh Darusalam, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat. Studi ini dilakukan pada bulan Januari hingga April 2009 dan didanai oleh Bank Dunia.

Komisi Eropa dan Pemerintah Kerajaan Belanda, melalui Bank Dunia sebagai wali amanat Trust Fund, telah bersama-sama mendirikan Program Basic Education Capacity-Trust Fund (BEC-TF) dengan tujuan untuk mendukung Pemerintah Indonesia (GOI) dalam meningkatkan pelayanan pendidikan dasar yang terdesentralisasi. The BEC-TF ini juga dimaksudkan untuk meletakkan pekerjaan lapangan dan kondisi yang harus dipenuhi untuk program investasi besar sektor-lebar. Tujuan ini akan dicapai melalui kerja analisis yang telah ditargetkan, dialog tematik di sektor pendidikan antara pemerintah dan donatur, pengembangan kapasitas dan penguatan sistem perencanaan, penganggaran, pengelolaan keuangan, M&E, serta perbaikan manajemen sumber daya manusia.

Tujuan dari LGCS adalah untuk menyediakan informasi baseline pada kinerja pemerintah daerah di seluruh jangkauan pembangunan pendidikan dan indikator manajemen keuangan yang penting bagi kerja program BEC-TF. Survei ini akan membantu mengidentifikasi elemen tata-kelola sektor pendidikan dan manajemen keuangan yang kuat di kabupaten mana, dan di mana kapasitas usaha harus ditargetkan. Survei ini, bila dikombinasikan dengan elemen pemrograman BEC lain, mencoba mengembangkan suatu kerangka pengukuran yang komprehensif untuk membantu menentukan dengan tepat di mana masukan teknis yang paling diperlukan dapat mengatasi defisit kritis kapasitas di sektor pendidikan di tingkat kabupaten.(SM)