Mendampingi Guru PAUD Desa Jatimulyo Belajar Mengelola Lembaga, Membuat RKH, serta Berkreasi APE Berbahan Alami dan Barang Bekas

Jumat, 22/03/2013Yogyakarta

causes
Pelatihan Kapasitas Guru PAUD pada Senin (18/03/2013) di PAUD Nur’aini Ngampilan, Kota Yogyakarta (Foto: Dok.SPA/SM)

Tindak lanjut dari agenda pendampingan PAUD dalam Program Pendampingan PAUD dalam Program Pendampingan Desa SurveyMETER mengadakan Pelatihan Kapasitas Guru PAUD pada Senin (18/03/2013) di PAUD Nur’aini Ngampilan, Kota Yogyakarta. Pelatihan diikuti oleh 33 guru PAUD Desa Jatimulyo, Dlingo, Bantul. Pelatihan dilakukan dengan metode observasi kelas dan diskusi dari pukul 08.00-12.00 WIB.

Menurut koordinator program pendampingan desa Setyo Pujiastuti SSos, materi yang disampaikan antara lain mengenai membuat Rencana Kerja Harian (RKH), membuat APE (alat peraga edukasi) dari bahan alam dan bekas, dan pengelolaan lembaga. Pemateri semua dari pengelola PAUD Nur’aini dibawah pimpinan Ibu Kis Rahayu. PAUD Nur’aini merupakan salah satu PAUD unggulan dan favorit ini  di Daerah Istimewa Yogyakarta. Ibu Kis Rahayu adalah ketua Pusat Unggulan PAUD Terpadu Provinsi DIY selain menjadi dosen jurusan pendidikan guru PAUD di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan Kapasitas Guru PAUD di Desa Jatimulyo yang kebanyakan tidak memiliki latarbelakang pendidikan keguruan ataupun pengajaran PAUD. Menurut Setyo, pelatihan ini akan dilanjutkan pada tanggal 27 Maret 2013 di Desa Jatimulyo Kecamatan Dlingo. “Nanti Ibu Kis Rahayu dan Pengelola PAUD Nur’aini yang gantian datang ke Desa Jatimulyo. Materinya adalah micro teaching, materi ke-PAUD-an, dan melanjutkan materi membuat APE dari bahan alam,” cerita Setyo.

Menurut Setyo, konsep dan teknis keterlibatan SurveyMETER dalam kegiatan ini adalah selain menawarkan konsep pelatihan, juga mendampingi dan memfasilitasi pembicara dan tempat pelatihan. “Untuk pelatihan lanjutan tanggal 27 nanti, malah mereka (pengelola PAUD Desa Jatimulyo) yang mempersiapkan konsep teknisnya,” tukas Setyo. [JF]