causes

Pelatihan Pewawancara Survei Indikator Pelayanan Pendidikan (SIPP) atau Service Delivery Indicator Survey (SDI)


  • Tanggal : 14/01/2019 - 31/01/2019
  • Lokasi : Salatiga


SurveyMETER melaksanakan survei yang dilakukan oleh Bank Dunia bekerja sama dengan Kementerian Agama terkait Survei Indikator Pelayanan Pendidikan (SIPP) atau Service Delivery Indicator Survey (SDI). SDI survey dilakukan dengan melakukan survei di madrasah-madrasah dan lembaga pendidikan dasar non-Islam untuk mengetahui tentang pengeluaran pendidikan, pilihan orang tua, manajemen lembaga dan pembelajaran murid.

Premis utama dari Survei SDI ini adalah bahwa hasil pembelajaran sebagian besar ditentukan oleh efektifitas sistem manajemen sumber daya dan keuangan publik. Survei SDI di Kementerian Agama bertujuan untuk menjawab pertanyaan terkait memahami efisiensi dan dampak sistem pendidikan yang selama ini diterapkan oleh Kementerian Agama.

Survei SDI ini akan mendatangi kurang lebih 350 sekolah di Indonesia. Sekolah-sekolah tersebut terdiri atas 253 madrasah negeri/swasta dan 12 sekolah agama (non madrasah) di bawah Kementerian Agama, serta 85 sekolah dasar negeri/swasta di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Wawancara akan dilakukan di sekolah, mengumpulkan data tentang fasilitas sekolah, pengeluaran, guru, ruang kelas dan murid. Pengumpulan data akan dilakukan di 141 kabupaten/kota yang tersebar di 30 provinsi di seluruh Indonesia.

Gallery :