Pilot School: Building Back Better PAUD from COVID-19

Senin, 11/10/2021SurveyMETER

causes
Sesi 1 Pembukaan "“Pilot School, Building Back Better PAUD From COVID-19”, Senin (11/10/2021)

Menindaklanjuti lima rangkaian 5 Webinar Series Kembali ke Sekolah di Mas Pendemi COVID-19, SurveyMETER atas dukungan Knowledge Sector Initiative (KSI) bekerja sama dengan BP PAUD dan Dikmas Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Dinas Pendidikan 5 kab/kota se DIY, IGTKI, Himpaudi, dan IGRA menggelar kegiatan “Pilot School, Building Back Better PAUD From COVID-19”.

Kegiatannya berupa pelatihan sebanyak 12 sesi pembelajaran dan 2 sesi simulasi praktek kepada 100 PAUD dari semua kabupaten/kota di DIY untuk meningkatkan kapasitas dalam memberikan pembelajaran di PAUD setelah dibuka kembali dengan pembelajaran tatap muka terbatas. Jenis peningkatan kapasitas yang diberikan merupakan tidak lanjut dari hasil studi Adaptasi Kurikulum PAUD di Masa Pandemi COVID-19 yang dilakukan SurveyMETER pada awal 2021. Setiap minggu ada 2 kali pertemuan selama 3 jam.

Sesi 1 Pembukaan digelar tadi pagi Senin (11/10/2021). Dihadiri oleh 187 kepala sekolah dan guru dari 103 PAUD yang mendaftar. Menghadirkan pemateri/mentor: Drs. Eko Sumardi, M.Pd., Kepala BP PAUD dan Dikmas Provinsi DIY; Dr. Ni Wayan Suriastini, Direktur Eksekutif SurveyMETER yang menyampaikan materi Latar belakang Pilot School; dan Siti Donatirin S.P. M.Pd yang menyampaikan meteri Pentingnya Pembelajaran Anak Usia Dini dan Kegiatan Sekolah Pilot.

Tujuan dari rangkaian pelatihan ini antara lain:

  1. Recovery better dengan mengetahui dan menerapkan praktek pembelajaran berbasis proyek
  2. Recovery better dengan menguatkan orang tua dalam pendampingan anak secara holistik dan anak yang inklusi
  3. Recovery better dengan pembelajaran pendidikan karakter lebih terstruktur, karakter dijadikan tema dalam rencana pembelajaran
  4. Sumber pembelajaran dari media sosial meningkat dan lebih berkualitas
  5. Mengetahui cara memberikan yoga for kids pada siswa dan mempraktekkan di sekolah untuk mengelola stress anak, menjaga kesehatan holistik anak, tidak hanya kesehatan fisik tetap juga kesehatan mental emosionalnya
  6. Mengetahui cara mengembangkan kecintaan anak membaca dan praktek mengembangkan kecintaan anak membaca