Site Title

  • Language

Meet The Staff

Dewan Pembina

...

Bondan Sikoki, S.E., M.A

(MA, Ilmu Sosiologi / Kependudukan, Universitas Michigan, 1979) adalah direktur lapangan untuk IRMS2, IFLS2, IFLS2 + dan IFLS3. Dia juga adalah direktur lapangan untuk Work and Iron Status Evaluation (WISE), percobaan suplementasi zat besi skala besar di Jawa Tengah, dipimpin oleh Elizabeth Frankenberg dan Duncan Thomas (PI di IFLS2 dan 2 +, yang akan menjadi konsultan untuk IFLS4), didanai oleh NIA, dan dari survei baru di Aceh, untuk mempelajari dampak tsunami. 

Sikoki memiliki pengalaman yang luas bekerja dengan RAND pada survei kuantitatif skala besar dan telah menulis banyak penelitian dengan Frankenberg, Thomas dan Strauss dan merupakan co-author buku yang ditulis bersama Strauss tentang perubahan standar hidup orang Indonesia. Dia memiliki lebih dari 25 tahun pengalaman mengelola survei di Indonesia dan 5 tahun pengalaman bekerja dengan CPPS di UGM. Sebagai co-PI pada IFLS4, Sikoki bekerja terutama pada lokasi di Indonesia, memimpin upaya untuk menguji coba instrumen survei, merekrut dan melatih staf lapangan, dan mengawasi pekerjaan lapangan.

Direktur Eksekutif

...

Dr. Ni Wayan Suriastini, M.Phil.

(MPhil Kebijakan Publik RAND Graduate School 2003 dan PhD dalam Kebijakan Kependudukan dari Universitas Gajah Mada) adalah seorang ilmuwan penelitian di SurveyMETER. Dia memainkan peran penting dalam desain dan kerja lapangan tahun 1997 dan 1998 pada Survei Kehidupan Keluarga Indonesia (IFLS). Tanggung jawabnya antara lain menjabat sebagai Direktur Asosiasi pelacakan dan membantu untuk memperoleh tindak lanjut tingkat tinggi yang mencirikan IFLS.

Suriastini juga terlibat dalam Analisis data IFLS dan data SUSENAS. Dia merancang, mengarahkan, dan menganalisa hasil dari Transisi Studi ekonomi dan Sosial (EST-B) 2003, 2004 & 2005. Dia telah memimpin tim survei sejumlah proyek Bank Dunia, termasuk Evaluasi Dampak Program Penanggulangan Kemiskinan (PNPM/PPK), 2007 dan 2009, Survey Kapasitas Pemerintah Daerah, Pengumpulan data Baseline untuk Evaluasi Dampak Total Sanitasi & Pemasaran Sanitasi (TSSM/STOPS), Program Kapasitas Dukungan Bidang Pendidikan Dasar, MSS Penelitian Survei Biaya dan Sertifikasi Guru 2009.

Direktur Bidang Penelitian

...

Firman Witoelar, Ph.D

Meraih gelar  Master Ilmu Ekonomi dari Brown Univeristy tahun 1998 dan PhD Ilmu Ekonomi di Michigan State University tahun 2004, Firman Witoelar adalah ekonom dan peneliti di SurveyMETER dengan fokus utama penelitian pada topik-topik mikro-ekonomi pembangunan (microeconomcs of development) termasuk perilaku kesehatan, pendidikan dan ketenagakerjaan, selain topik-topik mengenai metode survei rumah tangga. Witoelar adalah Co-Principal Investigator untuk Indonesia Family Life Survey 4 (2007) dan IFLS 5 yang sedang berjalan. Sebelum bergabung dengan SurveyMETER, ia sempat menjadi Rockefeller Post-Doctoral Fellow di Economic Growth Center, Yale University (2004-2006), dan research economist di World Bank, Washington DC (2009-2013). Pengalaman lapangan internasionalnya termasuk menyusun pelaksanaan tracking dan memberikan pelatihan tentang cara melacak responden untuk survey rumah tangga longitudinal di Tanzania serta Uganda.

Publikasi terakhir: "Intergenerational Correlations of Health Among Older Adults: Empirical Evidence from Indonesia", with Younoh Kim, John Strauss and Bondan Sikoki. (2014). Journal of the Economics of Ageing; "Risk sharing within Extended Family: Evidence from the Indonesia Family Life Survey” (2013) di Economic Development and Cultural Change 62(1); “Cutting the Costs of Attrition: Results from the Indonesia Family Life Survey” (2012), bersama  Duncan Thomas, Elizabeth Frankenberg, Bondan Sikoki, John Strauss, Wayan Suriastini, dan Cecep Sumantri di Journal of Development Economics98(1); “Household Dynamics and Living Arrangements of Elderly in Indonesia: Evidence from a Longitudinal Survey” (2012), dalam buku M. Majmundar dan J.P. Smith (eds.), Aging in Asia, National Academy of Sciences Press; serta “Socioeconomic Success and Health in Later Life: Evidence from the Indonesia Family Life Survey” (2012), bersama  John Strauss dan Bondan Sikoki dalam buku yang sama.

Direktur Pengembangan Kapasitas

...

Ir. Cecep Sukria Sumantri, M.Sc.

Mendapatkan gelar Master Studi Kependudukan dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun 2004 dengan predikat Cumlaude, Cecep Sukriya Sumantri, M.Sc merupakan koordinator lapangan untuk proyek IRMS2, IFLS2, dan IFLS2+. Beliau juga menjadi direktur untuk proyek IFLS3, WISE (Work and Iron Status Evaluation) di Purworejo, Jawa Tengah serta STAR (Survei Aspek Sosial dan Ekonomi Masyarakat pasca Tsunami) di Aceh dan Sumatra Utara dari tahun 2005 sampai 2010 yang memiliki peran penting dalam pelatihan petugas kesehatan dan petugas lapangan serta pengkuran kesehatan untuk proyek IFLS2, IFLS2+, IFLS3, IFLS4, WISE, dan STAR.

Selain itu, beliau juga merupakan pimpinan dari banyak proyek yang didanai oleh Bank Dunia seperti Proyek Pilot Pentargetan Efektif Program Penanggulangan Kemiskinan II; Proyek Baseline Pentargetan Efektif Program Penanggulangan Kemiskinan II; Studi Endline Pemasaran Sosial dan Promosi Informasi BOS –KITA, dan Monitoring dan Evaluasi Efektifitas Pelaksanaan Program BOS, yang memiliki peran penting dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas data selama proses pengumpulan di lapangan serta data cleaning di kantor.

Koordinator Bagian Pendampingan dan Pengembangan Wilayah

...

Dani Alfah, S.Sos, M.P.A.

Lahir di Banjarnegara 20 Juni 1974. Menyelesaikan pendidikan S2 di Magister Administrasi Publik Universitas Gadjah Mada tahun 2012. Mengawali karir penelitian mulai dari IFLS 2000 sebagai Pengawas Lokal, kemudian terlibat dalam Survey WISE dengan SurveyMETER tahun 2001-2005, dilanjutkan dengan pengalaman mengkoordinir kegiatan Stunami Alfermatif and Recovery di Sumatera Utara mulai Februari 2005 - Maret 2007.

Kemudian terlibat dalam IFLS 2007 sebagai Koordinator Lapangan. Tahun 2008 memperoleh tambahan pengalaman dalam kajian Kemiskinan melalaui Survei Sosial Ekonomi Rumah Tangga Indonesia. Di tahun yang sama terlibat dalam Survei Kapasitas Pemerintah Daerah (KPEDA) di Wilayah Papua Barat, dilanjutkan dengan penelitian lain yaitu Survei Flu Burung, Manajemen Berbasis Sekolah, Kajian tentang Balai Latihan Kerja serta Survei Rumah Tangga Perdesaan tahun 2011. Sekarang concern kepada pendampingan dan pengembangan wilayah sebagai salah satu divisi struktural SurveyMETER, khususnya tema kebijakan dan kemiskinan.

Koordinator Bagian Kajian

...

Edy Purwanto, S.P, M.Sc.

Peneliti yang telah bergabung dengan SurveyMETER jauh sebelum SurveyMETER berdiri secara formal. Kariernya diawali dari seorang pewawancara di Indonesia Family Life Survey (IFLS) tahun 1997 dan 1998. Kemudian menjadi Koordinator Lapangan di IFLS tahun 2000 dan Koordinator Penelitian di IFLS 2007. Untuk meningkatkan kemampuannya dalam analisis data dan penulisan karya ilmiah, ia telah menyelesaikan PROGRAM MAGISTER SAINS Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada tahun 2012.

Banyak survei besar yang telah ditanganinya antara lain: Survei Sosial Ekonomi untuk mengetahui pengaruh pemberian pil zat besi terhadap kesehatan dan produktivitas (Worker Iron Supplementation Evaluation Project /WISE) yang diadakan di Kabupaten Purworejo selama 7 tahun dari tahun 2001–2008, Survei Sosial Ekonomi untuk mengetahui dampak pelaksanaan program PNPM Perdesaan (SEDAP 2010) di 17 provinsi dan Evaluasi Program Air dan Sanitasi (WSLIC II) di Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Jawa Barat , Jawa Timur, NTB, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Barat.

Koordinator Bagian Survei

...

Nasirudin, S.P, M.Ec.Dev.

Lulusan Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta jurusan pertanian. Menyelesaikan Magister Ekonomi Pembangunan dari Universitas Gadjah Mada pada 25 Maret 2013. Bergabung dengan SurveyMETER sejak berdirinya SurveyMETER. Karir penelitian diawali sebagai seorang pewawancara di Indonesia Family Life Survey (IFLS) tahun 1997 dan 2000. Kemudian menjadi Koordinator Lapangan di IFLS tahun 2007. Bidang penelitian yang banyak di tangani adalah bidang pendidikan dan kesehatan.

Berbagai survei telah ditangani antara lain: Survei Aspek Sosial Ekonomi Dampak Tsunami/ STAR yang dilakukan di Sumatera Utara dan Aceh tahun 2005–2007, Survei Kapasitas Pemerntah Daerah, Survei Pendidikan (Survei Sertifikasi Guru, Survei Standar Pelayanan Minimal, Survei Manajemen Berbasis Sekolah 2010 dan 2011)

Disamping itu, berbagai survei lain yang telah dilakukan oleh SurveyMETER sebagian besar ia terlibat seperti Survei Kesehatan dan Produktivitas di Kabupaten Purworejo selama 4 tahun, Survey DAFEP 2006, Survey STOPS 2008/2010, SEDAP 2007, Survei Flu Burung, Evaluasi program air dan sanitasi (WSLIC II) di Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, NTB, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Barat.

Koordinator Bagian Pelatihan

...

Setyo Pujiastuti, S.Sos., M.Si.

Lulusan Fisipol UGM tahun 1996 Jurusan Sosiatri. Sekarang sedang menyelesaikan Pendidikan Magister di STPMD "APMD" Yogyakarta dengan konsentrasi Pemberdayaan Masyarakat. Bergabung dengan SurveyMETER pada tahun 2002 sebagai staf peneliti. Karir penelitian diawali tahun 1997 sebagai interviewer pada IFLS2 (1997) dan IFLS2+ (1998). Selanjutnya sebagai pengawas editor café IFLS3 (2000), cleaning data [IFLS, HATAS, dan SASMI (Studi Aspek Sosial Ekonomi Paska Tsunami)].

Kemudian sebagai Koordinator lapangan di beberapa survei antara lain Survei Kesehatan dan Produktivitas (HATAS), Survei Evaluasi Program Desentralisasi Pertanian (DAFEP), IFLS 4 (2007), Local Government Capacity Survey (LGCS), School Basic Management Survey (SBM), The Second Water & Sanitation for Low Income Communities (WSLIC-2), Survei Sosial Ekonomi Rumah Tangga Indonesia (SUSETI).

Koordinator Bagian Pengembangan Pengetahuan

...

Okie Judhijanto Kurniawan, S.I.P.

Bergabung dengan SurveyMETER sejak tahun 2002 sebagai koordinator pendistribusian pil zat besi pada Worker Iron Supplementation Evaluation Project (WISE) di Kabupaten Purworejo. Kemudian pada tahun 2005-2007 sebagai koordinator lapangan komunitas dan fasilitas pada Tsunami Aftermath and Recovery (STAR) di Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Beberapa survei lain yang pernah ditangani adalah: Supervisor pada Decentralized Agricultural and Forestry Extension Evaluation Project (DAFEP 2006) di Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam; Manajemen data pada Survei Evaluasi Dampak PNPM-KDP (SEDAP 2007); Koordinator lapangan pada Baseline Data collection for the Impact Evaluation of Total Sanitation & Sanitation Marketing (STOPS 2008) di propinsi Jawa Timur; Supervisor pada TSSM (Total Sanitation & Sanitation Marketing) program 2008 di Propinsi Jawa Timur; Supervisor pada Local Government Capacity Survey 2009 di Propinsi Jawa Tengah; Data editor pada Worker Iron Supplementation Evaluation Project (WISE 2009); Koordinator lapangan pada BERMUTU (Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading Project 2009) di Propinsi Jawa Timur; Koordinator pada Survei Evaluasi Dampak PNPM-KDP (SEDAP 2010) di Propinsi Sulawesi Selatan; Koordinator lapangan pada Studi Evaluasi Dampak Program WSLIC-2 tahun 2010 di Propinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat; Koordinator lapangan pada Survei Sosial Ekonomi Rumah Tangga Indonesia (SUSETI 2010) di Propinsi Sumatera Selatan; Koordinator lapangan Studi Pemasaran Sosial dan Kampanye Informasi Bos 2011 di Propinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, NTB, Maluku; Koordinator lapangan Penargetan Efektif Program Anti-Kemiskinan II (SUSETI Endline 2011) di Propinsi Sumatera Selatan; Koordinator lapangan Studi Efektivitas Program RASKIN Desain dan Implementasi 2011 di Propinsi Kalimantan Selatan, Sulawesi Seltan, NTT, Papua; Supervisor Studi Perkembangan MDG’s di Indonesia (Sub-Study E6) 2012 di Propinsi Jawa Tengah; Koordinator lapangan (Komfas) Survei Aspek Kehidupan Rumah Tangga Indonesia Timur (SAKERTIM 2012) di Propinsi Maluku, Maluku Utara.

Koordinator Administrasi dan Personalia

...

Muhammad Mulia, S.E., M.Sc.

Lahir di Bima-NTB tahun 1975. Pendidikan Sarjana diselesaikan di Fakultas Ekonomi Universitas Udayana tahun 2000, kemudian menyelesaikan Master di Magister Studi Kebijakan, Universitas Gadjah Mada tahun 2009 dengan predikat Cum Laude. Sejak Mahasiswa sudah sering mengikuti survei-survei hingga mengikuti penelitian Indonesia Family Life Survey (IFLS) tahun 2000 sebagai cikal bakal berdirinya Survey METER pada tahun 2002, dan sejak saat itu bergabung dengan SurveyMETER.

Saat ini sedang ditugaskan untuk mengerjakan dua kegiatan penelitian, yaitu: pertama, bersama Dr. N.W. Suriastini M.Phil sedang menyelesaikan buku hasil penelitian tentang dampak letusan gunung Merapi terhadap kehidupan masyarakat di Desa Krinjing, Magelang. Kedua, bersama tim sedang melakukan persiapan penelitian Urban Poverty Project yang berhubungan dengan PNPM Perkotaan.

Sebelumnya sejumlah kegiatan penelitian telah diiukuti oleh Muhammad Mulia, antara lain: Koordinator Lapangan dalam penelitian WSLIC-2 untuk Focus Group Discussion (FGD) tahun 2010; Koordinator Lapangan dalam Studi Evaluasi Dampak PNPM (SEDAP) tahun 2010; Koordinator Lapangan dalam Survei Harga di kabupaten Purworejo Jawa Tengah (2008-2009); Supervisor & CAFÉ (Computer Assisted Field Editor) dalam HPAI Control Measures Cost and Benefit Study di kabupaten Kulonprogo (Juni-Juli 2009); Koordinator Lapangan dalam penelitian Minimum Service Standard Costing Survey on Basic Education. Koordinator Lapangan dalam The Study of The Tsunami Aftermath and Recovery (STAR)-Panel Survey (Maret 2005-September 2009); Koordinator Lapangan dalam Economic Social Transition in Bali (EST) Desember 2004-Maret 2005; Supervisor Tim dalam Worker Iron Supplementation Evaluation (WISE) 2001-2004.

Muhammad Mulia memiliki ketertarikan pada penelitian tentang isu dan kebijakan Publik, Pelayanan Publik, Pendidikan, Kesejahteraan, dan Lanjut Usia. Selain di sibukkan dalam kegiatan penelitian, sejak tahun 2008 hingga sekarang Muhammad Mulia dipercaya untuk menjabat sebagai Kepala Bagian Personalia Survey METER. 

Koordinator Keuangan

...

Bagus Pramudijono, A.M.d

Bagus dilahirkan di keluarga sederhana tahun 1964. Anak ke dua dari 7 bersaudara, dari ibu yang berasal dari Bogor dan ayahnya dari Yogyakarta. Pendidikannya dari SD sampai SMA ditempuh di Jakarta, hingga menyelesaikan Program Diploma Manajemen Keuangan dan Perbankan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PERBANAS juga di Jakarta.

Karier pekerjaannya dimulai dari sebuah bank di Jakarta. Pernah memimpin divisi kredit pada sebuah bank perkreditan rakyat di Citeureup, Jawa Barat. Posisi sebagai junior akuntan pernah dipegang selama 9 tahun disebuah perusahaan kontraktor batu bara modal asing di Jakarta. Krisis keuangan global tahun 1998 turut mempengaruhi kondisi perusahan tersebut yang berujung pada pemutusan hubungan kerja di tahun 2000. Setelah lepas dari kerja formal banyak kerja non formal yang pernah dijalani sampai tahun 2005. Tahun 2005 kembali berkecimpung di perusahaan kontraktor swasta nasional sebagai pimpinan keuangan dan akuntansi. Tahun 2008 bekerja di perusahaan tambang batu besi di Kalimantan Tengah. PHK kembali dialami akibat krisis keuangan perusahaan. Menikah dengan Mardiasih, SIP membawa Bagus pulang ke tanah leluhurnya yaitu Yogyakarta.

Koordinator IT Support

...

Iip Umar Rifa'i

Alumni Institut Pertanian Bogor ini Pertama kali memulai karir sebagai salah satu editor CAFE (Computer Assisted Field Editing) untuk proyek Survey IFLS 2 (Indonesian Family Life Survey) di wilayah Jawa Timur, kualitas kerja selama dilapangan membuatnya dipercaya memimpin kegiatan Cleaning Data IFLS 2, selanjutnya berturut-turut dipercaya penuh memimpin komputerisasi pada proyek Survey IFLS 3, The Work and Iron Status Evaluation (WISE), The Study of the Tsunami Aftermath and Recovery (STAR) dan memimpin komputerisasi banyak proyek survei besar lainnya yang dilakukan oleh lembaga SurveyMETER.

Terakhir dipercaya oleh team Mexican Family Life Survey (MXFLS) untuk membuat aplikasi data entry untuk survei responden MXFLS yang migrasi dari Mexico ke USA yang sampai saat ini proyeknya masih berjalan.

Menguasai banyak bahasa pemrograman dan scripting (Stata, CSPro, PHP, Harbour/xHarbour, python, javascript, HTML dan lain-lain), menguasai banyak jenis database, juga menguasai sistem operasi Windows dan Linux, saat ini juga membangun dan memelihara server Linux untuk pusat data di lembaga SurveyMETER.

Koordinator Bagian Rumah Tangga

...

Mardiana Br. Ginting, S.Sos.

Bergabung di SurveyMETER sejak berdirinya SurveyMETER (tahun 2002). Namun telah terlibat di penelitian sejak tahun 1997 di IFLS (Indonesian Family Life Survey) 1997. Kemudian dilanjutkan sebagai editor lapangan penelitian WISE (Micro Foundation of Health and Development-Worker Iron Supplementation Evaluation Project), DAFEP (Decentralisation Agriculture and Foresty Evaluation Project) tahun 2006, koordinator lapangan SEDAP (Survey Evaluasi Dampak PNPM-KDP) tahun 2007. 

Banyak terlibat di “Cleaning Data” penelitian, diantaranya data WISE (Micro Foundation of Health and Development-Worker Iron Supplementation Evaluation Project), data STAR (The Study of the Tsunami Aftermath and Recovery), dll.

Staf

...

Dra. Sukamtiningsih, M.Hum.

Terlahir dan tinggal di Yogyakarta. Mulai mengenal dunia penelitian sejak kuliah di Universitas Gadjah Mada jurusan Antropologi dan menyelesaikan gelar masternya. Pertama kali terlibat dalam penelitian yaitu ketika menjadi asisten peneliti salah satu dosen Antropologi di UGM. Selain itu pernah menjadi asisten peneliti Etnografi dokter anak di Rumah Sakit Mataram, Nusa Tenggara Barat. Dan sebagai asisten peneliti selama sepuluh tahun di Pusat Studi Kebijakan dan Kependudukan, UGM. Karirnya dengan SurveyMETER dimulai sejak tahun 2001.

Staf

...

Nur Suci Arnashanti

Bergabung dengan SurveyMETER sejak berdirinya SurveyMETER sebagai pengawas editor dan data entry. Karir dalam penelitian diawali dengan bergabung di Indonesia Family Life Survey (IFLS) tahun 1997 untuk wilayah DI Yogyakarta sebagai editor dan data entry. Kemudian sejak tahun 2005 dipercaya sebagai asisten programmer dan manajemen data dengan tugas antara lain: pembuatan program data entry, menyiapkan preprinted (base data), mengawasi & cek konsistensi data dari lapangan, dan menyiapkan dataset untuk analisis.

Survei besar yang pernah ditangani antara lain: Indonesia Family Life Survey (IFLS), Worker Iron Supplementation Evaluation Project (WISE), Study of Tsunami Aftermath and Recovery (STAR).

Staf

...

Henry Setyo Nugroho, SH.

Lahir di Jakarta 21 April 1969 bergabung dengan SurveyMETER sejak tahun 2004 sebagai petugas data entri dan data cleaning untuk proyek Studi Transisi Sosial dan Ekonomi di Bali. Kemudian sebagai supervisor untuk proyek DAFEP (Decentralized Agricultural and Forestry Extension Evaluation Project), Survei Evaluasi Dampak PNPM-KDP 2007, Pengumpulan Data Baseline untuk Survei Total dan Pemasaran Sanitasi (TSSM/STOPS) di Indonesia, Survei Kapasitas Pemerintah Daerah (LGCS) atau survei BEC-TF (Basic Education Capacity-Trust Fund), Program Basic Education Sector capacity Support, Survei MSS Costing, Survei Flu Burung (Understanding Effective Disease Control of Highly Pathogenic Avian Influence in Indonesia), dan Proyek IFLS4 (Indonesian Family Life Survey 4  Project).

Selain itu juga pernah menjadi koordinator lapangan untuk proyek BERMUTU (Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading Project), Survey Management Berbasis Sekolah, Survei WSLIC2 (Water Sanitation for Low Income Communities Survey), Survei BLK (Study on Skills Development), dan Studi Efektifitas Pelaksanaan Program BOS.

Staf

...

Ripi Mardhini, S.Sos.

Lulusan dari Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta jurusan Sosiologi tahun 1995. Mulai terjun di dunia penelitian sejak tahun 1997 dengan proyek pertamanya IFLS-2 atau Survei Aspek Kehidupan Rumah Tangga Indonesia (SAKERTI) yang dilanjutkan dengan IFLS-2+ tahun 1998 dan IFLS-3 tahun 2000 yang terlibat dalam pengumpulan data di lapangan maupun proses data cleaning di kantor.

Bergabung dengan SurveyMETER sejak pertama kali didirikan pada bulan Februari tahun 2002 dan telah banyak terlibat dalam survei-survei yang dilakukan oleh SurveyMETER seperti Survey Micro Foundation of Health and Development – Worker Iron Supplementation Evaluation Project (WISE),   Survey DAFEP (Decentralized Agricultural and Forestry Extension Evaluation Project), Survei Dampak PNPM-KDP, Basic Education Sector Capacity Support Program, Survei Pelayanan Minimal (Minimum Service Standart Costing Survey 2009), Survey SASMI atau Study of Tsunami Aftermath and Recovery (STAR), Survey BERMUTU (Better Education through Reformed Management and   Universal Teacher Upgrading Project) 2009, Survei Dampak PNPM-KDP 2010, Survey WSLIC2 atau Water and Sanitation for Low Income Communities Survey (WSLIC-2 2010), The Effectively Targeting Anti-Poverty Programs (Endline Survey 2010), Studi End-line of Social Marketing and Information Promote of BOS Program 2011, dan Survei Monitoring untuk mendukung Program BOS 2011.

Staf

...

Kawandiyono Santoso

Biasa dipanggil Didik bergabung dengan SurveyMETER sejak tahun 2005 sebagai translator. Sampai saat ini masih menangani translasi untuk beberapa proyek yang dilakukan SurveyMETER. Proyek-proyek tersebut antara lain STAR (Survey on Tsunami Aftermath and Recovery), STOPs 2007, WSLIC, dan BOS.

Staf

...

Amalia Rifana Widiastuti, S.Kom.

Lulusan D3 Komputer dan Sistem Informasi Universitas Gadjah Mada, bergabung dengan SurveyMETER sejak Oktober 2002 sebagai Asisten Programmer. Mulai tahun 2005 dipercaya sebagai programmer dalam survei rumah tangga panel EST-B (The Study of Economic and Social Transitions in Bali). Berpengalaman dalam pembuatan program data entry survei rumah tangga panel, preprinted, formatting questionnaire termasuk kegiatan post survey (cleaning data) termasuk others coding dengan software ISSA, CSPRO dan STATA. Pernah mendapatkan kesempatan untuk belajar software CSPRO di UCLA, Los Angeles, United States.

Survei yang pernah ditangani antara lain: survei sosial ekonomi untuk mengetahui pengaruh pemberian pil zat besi terhadap kesehatan dan produktivitas (Worker Iron Supplementation Evaluation Project / WISE) yang diadakan di Kabupaten Purworejo selama 7 tahun dari tahun 2002–2008, survei sosial ekonomi paska bom bali (The Survey of Economic and Social Transitions in Bali) 2005, survey sosial ekonomi untuk mengetahui dampak pelaksanaan program PNPM Perdesaan (SEDAP 2007 & SEDAP 2010) di 17 provinsi, Survei Sanitasi Total & Pemasaran Sanitasi (STOPS 2008 & STOPS 2010) di Jawa Timur, Survei Rumah Tangga Pedesaan (SRTP-2011) di Sumatera Barat, Banten, D.I. Yogyakarta, dan Kalimantan Selatan dan Survei Paska Tsunami (The Study of The Tsunami Aftermath and Recovery) di Aceh dan Sumatera Utara Tahun 2005–sekarang.

Staf

...

Dhanang Prasetya, A.Md.

Bergabung dengan SurveyMETER sejak tahun 2006. Karir di dunia penelitian diawali sebagai petugas data entry dalam Survey of Tsunami Aftermath and Recovery (STAR). Kemudian berlanjut menjadi editor dan data entry dalam Decentralized Agricultural and Forestry Extension Evaluation Project (DAFEP) pada tahun 2007. Pada April 2007 dipercaya sebagai asisten programmer dan manajemen data dengan tugas antara lain: pembuatan program data entry, preprinted, cleaning data.

Survei besar yang pernah ditangani antara lain: Indonesia Family Life Survey (IFLS), Community- Led Sanitation Intervention: The role of Social Capital, Baseline Data collection for the Impact Evaluation of Total Sanitation & Sanitation Marketing (STOPS), The Based Line Basic Education Capacity-Trust Fund (BEC-TF) which call as Local Government Capacity Survey (LGCS), PNPM-KDP Impact Evaluation Survey 2010 or Survai Evaluasi Dampak PNPM-PPK (SEDAP 2010), Water Sanitation for Low Income Communities Survey (WSLIC2)

Staf

...

Bambang Isdwiyanto, S.E.

Bergabung dengan SurveyMETER sejak Februari 2009 sebagai staf administrasi dan keuangan. Spesifikasi tugas yang diembannya adalah membantu bagian keuangan dan bagian administrasi dalam penatalaksanaan administrasi keuangan dan administrasi lembaga.

Staf

...

Roni Hermoko, SE

Lahir di Garut Jawa Barat, 22 Oktober 1979. Menyelesaikan studi S1 Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan di Universitas Wangsa Manggala Yogyakarta. Mengawali karir penelitian mulai dari survei Rumah Tangga STAR 2006 sebagai editor, kemudian sebagai asisten koordinator lapangan pada Survei Komunitas dan Fasilitas STAR mulai tahun 2007-2010. Terlibat juga di IFLS 4 sebagai editor Survei Komunitas dan Fasilitas. Di Survei Aspek Kehidupan Rumah Tangga Indonesia Timur (SAKERTIM 2012) juga terlibat sebagai koordinator lapangan untuk wilayah Nusa Tenggara Timur.

Pengalaman survei lainnya yang pernah diikuti antara lain: Total Sanitation and Sanitation Marketing (TSSM), Survei Sertifikasi Guru (SSG), Survei Sanitasi Indonesia (SSI), Survei Rumah Tangga Perdesaan (SRTP), Survei Sosial Ekonomi Rumah Tangga Indonesia (SUSETI ).

Staf

...

M Fajar Suminto, S.Pd.I

Lahir di Klaten 24 Mei tahun 1977. Bergabung dengan SurveyMETER sejak tahun 2006 beberapa bulan setelah menyelesaikan studi S1 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta jurusan Pendidikan Kimia. Ketertarikan pada dunia penelitian semakin terdorong setelah mendapatkan pelatihan Penelitian Interdisipliner di almamaternya sebelum menamatkan studi. Karir penelitiannya diawali sebagai pewawancara tracker di Survei Aspek Ekonomi Dampak Tsunami (SASMI putaran B) di Aceh tahun 2006. Kemudian menjadi Asisten Koordinator Lapangan SASMI tahun 2008–2010.

Pada tahun 2010 terlibat pada survei Survei Evaluasi Dampak PNPM (SEDAP) di Sumatera Barat dan Riau sebagai koordinator lapangan. Akhir tahun 2010 terlibat juga pada survei STOPS ENDLINE 2010 di Region 3 (Bondowoso, Banyuwangi, dan Situbondo) Jawa Timur sebagai koordinator lapangan. Survei-survei lain yang pernah terlibat diantaranya: Survei Komunitas dan Fasilitas pada IFLS 4 di Jakarta tahun 2008, Studi Kualitatif Managemen Berbasis Sekolah (MBS) di Provinsi Gorontalo dan Propinsi Sulawesi Barat tahun 2011, Studi Kualitatif Pemasaran Sosial dan Promosi Informasi BOS (PSPB) di Kota Ambon tahun 2011, Studi Percepatan Pengentasan Kemiskinan (Raskin) di Kabupaten Barito Kuala tahun 2011, Studi MBS tahun 2011 di Kabupaten Melawi, serta Survei Aspek Kehidupan Rumah Tangga Indonesia Timur (SAKERTIM) tahun 2012 di Papua Barat untuk survei rumah tangga dan di NTT, Sulawesi Tenggara, dan Kalimantan Timur untuk Survei Komunitas dan Fasilitas.

Staf

...

Fita Herawati, S.T.P.

Mulai bergabung dengan SurveyMETER sejak tahun 2002 sebagai pewawancara pada Survei HATAS, walau sebelumnya telah bersama dalam IFLS-3 tahun 2000. Survei HATAS/WISE merupakan survei yang panjang dalam keterlibatnya sebagai sebagai CAFÉ (computer aided field editor), supervisor, dan look up data. Berikutnya, sebagai staf, banyak terlibat pada penelitian-penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan aktifitas yang dilakukan adalah meliputi sebagai team development questionnaire, membuat manual untuk questionnaire, mentraining asisten peneliti lapangan, menjadi koordinator lapangan, team analisis data, serta menulis laporan penelitian.

Beberapa penelitian kuantitatif yang dikuti diantaranya adalah: The Indonesia Family Life Survey 4 (IFLS 4) 2007; The Effectively Targeting Anti-Poverty Programs di Sulawesi Selatan 2008; The Based Line Basic Education Capacity-Trust Fund (BEC-TF) which call as Local Government Capacity; Survey (LGCS) 2009, Study of Teacher Ceritification (SSG) 2009; School Basic Management Survey (SBM) 2010; Survey on Total Sanitation and Sanitation Marketing (TSSM) 2010, School Basic Management Survey 2011; The Indonesia Family Life Survey East Indonesia 2012; MFS II Country Evaluation 2012; Local Government Capacity Assessment (LGCA) 2012; dan Early Childhood Education and Nutrition 2013.

Penelitian kualitatif yang dilakukan: The Second Water Sanitation Low Income (WISLIC-2) 2010; Qualitative Study of BOS Social Marketing and Information Campaign and Qualitative 2011, Early Childhood Education and Nutrition 2013.

Staf

...

Tri Rahayu, S.Pt.

Adalah lulusan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran tahun 1999. Terjun di bidang penelitian berawal dari sebagai enumerator pada Indonesian Family Life Survey (IFLS 3 tahun 2000) di wilayah Jawa Barat dan kemudian terpilih untuk masuk tim Tracking wilayah Riau dan sekitarnya. Sebelum SurveyMETER berdiri, sudah bergabung dalam di proyek WISE di Purworejo sebagai enumerator pada September 2001. Posisi terakhir di proyek ini menjadi supervisor tahun 2007.

Sejak SurveyMETER berdiri bulan Februari 2002, tetap bergabung dan terlibat langsung dalam projek-projek yang ditangani SurveyMETER seperti: DAFEP, IFLS 4, SUSETI, SEDAP, SSG, WISLIC, BLK, MBS, IFLS East/Sakertim, BEC-TF 2012, dan Studi AFC. Selain ikut dalam penelitian kuantitatif sebagai editor, supervisor, ataupun koordinator lapangan, ikut juga didalam penelitian kualitatif dengan pendekatan Focus Group Discussion (FGD) sebagai moderator.

Staf

...

Endra Dwi Mulyanto, SE

Lahir di Kulonprogo 4 November 1979. Menyelesaikan studi S1 Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi Universitas Wangsa Manggala Yogyakarta. Mengawali karir penelitian pada studi DAFEB di Yogyakarta dan Nusa Tenggara Timur sebagai enumerator dan Editor. Selanjutnya, tahun 2007-2008 terlibat pada Survei Aspek Kehidupan Rumah Tangga Indonesia (IFLS4) sebagai pengawas editor di Nusa Tenggara Barat dan pada tahun 2012 terlibat pada Survei Aspek Kehidupan Rumah Tangga Indonesia Timur (SAKERTIM 2012) sebagai koordinator lapangan untuk wilayah Papua.

Pengalaman survei lain yang pernah diikuti antara lain: Total Sanitation and Sanitation Marketing (TSSM), Survei Sertifikasi Guru (SSG), Survei Rumah Tangga Perdesaan (SRTP), Survei Sosial Ekonomi Rumah Tangga Indonesia (SUSETI ), Survei Kesehatan dan Produktifitas (WISE), Survei Manajemen Bebasis Sekolah (MBS), Survei Standar Pelayanan minimal (SPM), Survei Kapasitas Pemerintah Daerah (KPEDA), Studi Evaluasi Dampak Program Air dan Sanitasi (WSLIC2), dan Survei Balai Latihan Kerja (BLK).

Staf

...

Sunar Indriati, S.H.

Lulusan S1 jurusan Hukum di UGM tahun 1997. Mulai bergabung dengan SurveyMETER pada tahun 2002. Karir penelitian diawali tahun 2002 sebagai interviewer pada HATAS/WISE (2002-2003) dan WISE (2003 – 2007) sebagai editor café. Tahun 2007–2008 sebagai pengawas editor di IFLS4. Tahun 2009 menjadi pengawas local di Survey WISE. Selain itu ikut ambil bagian dalam beberapa survei lainnya seperti Survei Flu Burung, P2KP, dan KPEDA. Juga bertugas sebagai PIP atau koordinator cleaning data di kantor Survey METER.

Sejak tahun 2010 dipercaya menjadi Training Manager untuk mengelola kegiatan training, workshop, dan seminar yang diselenggarakan oleh SurveyMETER. Selain sebagai Training Manager juga sebagai staf bagian pengadaan barang dan logistik. Saat ini juga sedang melakukan penelitian dan menulis mengenai Studi Pelayanan Kesehatan Lansia (Puskesmas Santun Lansia) di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Staf

...

Dwi Oktarina, S.Si.

Mulai mengenal SurveiMETER sejak tahun 2007 ketika bergabung dalam Survei Aspek Kehidupan Rumah Tangga Indonesia 4 (SAKERTI 4) sebagai pewawancara. Selanjutnya terlibat di survei-survei lainnya, diantaranya Sanitasi Total dan Pemasaran Sanitasi (STOPs) tahun 2008, Survei Sosial Ekonomi Rumah Tangga Indonesia (SUSETI) tahun 2009, Survei Standar Pelayanan Minimal (SPM) tahun 2009, Survei Flu Burung, Survei Sertifikasi Guru (SSG) tahun 2009, Survei Dampak PNPM-KDP (SEDAP) tahun 2010, Survei Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) tahun 2010, WSLIC tahun 2010, dan yang terakhir adalah Studi Perkembangan MDGs di Indonesia (E12) tahun 2012. Saat ini, di SurveyMETER bekerja sebagai staf administrasi dan personalia.

Staf

...

Yainur Paratomo, SAB.

Bergabung di SurveyMETER tahun 2006. Pertamakali mengikuti survei pada projek DAFEP dengan penempatan di Sulawesi Utara sebagai editor café. Setelah itu berturut-turut bergabung di beberapa survey, diantaranya Kesehatan dan Produktivitas (HATAS) di Purworejo tahun 2006, Survey SEDAP 1 tahun 2007 sebagai supervisor di Jawa Tengah, IFLS 4 tahun 2007 sebagai pengawas café di Jawa Barat, Survei Balai Latihan Kerja (BLK) sebagai supervisor di Jawa Tengah, dan Survei Sertifikasi Guru sebagai supervisor di Jawa Tengah. Sekarang di SurveyMETER sebagai staf Bagian Logistik, Perlengkapan, dan Pembelanjaan.  

Staf

...

Sri Lestari, S.S.

Lulusan Universitas Gadjah Mada jurusan Sastra Inggris Bergabung dengan SurveyMETER pada tahun 2008 sebagai penerjemah manual SAKERTI 4 serta penerjemah manual dan kuesioner proyek-proyek lain yang dilakukan oleh SurveyMETER. Berpengalaman sebagai petugas data entri untuk proyek Studi Berbasis Sekolah pada tahun 2010 dan terjun langsung ke lapangan untuk proyek evaluasi PNPM di Indonesia sebagai asisten peneliti dan penerjemah pada tahun 2011. Proyek-proyek lain yang pernah diikuti antara lain Base-line Study of Total Sanitation and Sanitation Marketting (TSSM /StoPS), Water and Sanitation for Low Income Communities (WSLIC-2), School-Based Management Qualitative Study, dan MDGs Study in Indonesia.

SurveyMeter Postdoctoral Research Fellow

...

Teguh Yudo Wicaksono, Ph.D

Meraih gelar  Master Ilmu Ekonomi dari University of Sydney tahun 2007 dan PhD Ilmu Ekonomi dari University of Kentucky (2015).  Teguh Yudo Wicaksono adalah post-doc fellow di SurveyMeter. Ia terlibat dalam tim IFLS 5 dan mengerjakan kegiatan penelitian yang dilakukan oleh SurveyMETER. Fokus utama penelitiannya mencangkup ekonomi mikro seperti ketenagakerjaan, kesehatan, pembangunan dan ekonomi politik. Beberapa penelitian terakhir mencakup resiko kecelakaan kerja dan asuransi kesehatan di Amerika Serikat dan Inggris; karakter personalitas dan sorting pekerja. Selain bekerja dengan IFLS, ia juga menggunakan beberapa data longitudinal dari negara-negara maju seperti the Panel Study of Income Dynamics (PSID/ USA), the British Household Panel Survey (the BHPS/UK), dan Understanding Society (UK). Sebelum bergabung dengan SurveyMETER, ia bekerja di departemen ekonomi Centre for Strategic and International Studies (CSIS) tahun 2005-2010.