Tanggal
22 Oktober 2014

Kata Kunci
Kota Ramah Lanjut Usia, Lanjut Usia di Surakarta

Lokasi
Surakarta

Tipe
Buku

Penulis
SurveyMETER dan CAS UI



Share Artikel:

Satu Langkah Menuju IMPIAN LANJUT USIA Kota Ramah Lanjut Usia 2030 | Kota Surakarta

impian kota lansia SurakartaBerdasarkan data baseline Studi Asesmen Kota Ramah Lanjut Usia tahun 2013 Kota Surakarta dapat dinarasikan sebagai kota yang sudah mendekati ramah lanjut usia.

Berdasarkan kategori pencapaian warna yang disesuaikan pada persentase skor penilaian masyarakat yang menyatakan Sesuai dan Sangat sesuai, masyarakat Kota Surakarta atau lebih akrab dikenal dengan Kota Solo memberikan penilaian warna kuning dengan skor 56%. Kategori warna ini berdasar skor persentase penilaian yaitu warna merah skor persentase 0-25%, warna orange 26-50%, warna kuning 51-75%, dan warna hijau 76-100%. Masyarakat kota ini menilai, dari delapan dimensi satu di antaranya dinilai sudah berwarna hijau, empat dimensi berwarna kuning, dua dimensi orange, dan satu dimensi merah. Satu dimensi yang masuk kategori warna hijau adalah dimensi Partisipasi Sosial. Satu dimensi warna merah dan satu warna orange menjadi kelemahan capaian Kota Surakarta. Apalagi skor capaian kuning dimensi Gedung dan Ruang Terbuka serta dimensi Transportasi masih belum aman (hanya sedikit di atas 50%).

Namun dengan capaian ini, harapan untuk mewujudkan Kota Surakarta menjadi kota ramah lansia sudah cukup lempang. Dibandingkan dengan kota-kota lain, Kota Surakarta memperoleh skor penilaian paling tinggi. Sehingga perjalanan Kota Surakarta untuk mencapai Kota Ramah Lanjut Usia Tahun 2013 lumayan mudah. Bahkan kalau direncanakan dengan matang akan terwujud dalam waktu tidak lama.

Bagaimana gambaran detail capaian 8 dimensi kota ramah lanjut usia di Kota Surakarta? Bagaimana jika dibandingkan dengan keadaan umum di Indonesia? Bagaimana rekomendasi pencapaian dan strategi untuk Kota Surakarta dalam mewujudkan Kota Ramah Lanjut Usia 2030? Selengkapnya silahkan unduh.

Ikon PDFSatu Langkah Menuju IMPIAN LANJUT USIA; Kota Ramah Lanjut Usia 2030 | Kota Surakarta

Â