Tanggal
15 Oktober 2014

Kata Kunci
Kota Ramah Lanjut Usia, Lanjut Usia di Kota Semarang

Lokasi
Semarang

Tipe
Buku

Penulis
SurveyMETER dan CAS UI



Share Artikel:

Satu Langkah Menuju IMPIAN LANJUT USIA Kota Ramah Lanjut Usia 2030 | Kota Semarang

impian kota lansia SemarangBerdasarkan data baseline Studi Asesmen Kota Ramah Lanjut Usia tahun 2013 Kota Semarang dapat dinarasikan sebagai kota yang masih jauh dari kota ramah lanjut usia.

Berdasarkan kategori pencapaian warna yang disesuaikan pada persentase skor penilaian masyarakat yang menyatakan Sesuai dan Sangat sesuai, masyarakat Kota Semarang memberikan penilaian warna orange dengan total skor cukup rendah yaitu 35%. Masyarakat kota ini menilai dari 8 dimensi hanya ada satu dimensi yang dinilai sudah berwarna kuning (skor 51-75%). Selebihnya, 6 dimensi berwarna orange dan 1 dimensi berwarna merah. Bahkan pada dimensi Gedung dan Ruang Terbuka serta dimensi Transportasi yang berwarna orange, skor total capaiannya hanya sedikit di atas batas minimal warna merah (25%).

Meski demikian, harapan untuk menjadi kota ramah lansia bukan berarti tidak ada. Modalnya, pada tiga dimensi yang berwarna orange, yaitu Penghormatan dan Inklusi/Keterlibatan Sosial, Komunikasi dan Informasi, dan dimensi Dukungan Masyarakat dan Kesehatan, masyarakat Kota Semarang memberikan skor penilaian yang sudah menuju warna kuning. Dan, untuk mewujudkan kota ramah lansia pada 8 dimensi tersebut perlu aksi nyata dan dukungan dari semua pihak, tidak hanya pemerintah namun diperlukan keterlibatan pihak swasta dan semua elemen masyarakat.

Bagaimana gambaran detail capaian 8 dimensi kota ramah lanjut usia di Kota Semarang? Bagaimana jika dibandingkan dengan keadaan umum di Indonesia? Bagaimana rekomendasi pencapaian dan strategi untuk Kota Semarang dalam mewujudkan Kota Ramah Lanjut Usia 2030? Selengkapnya silahkan unduh.

Ikon PDFSatu Langkah Menuju IMPIAN LANJUT USIA; Kota Ramah Lanjut Usia 2030 | Kota Semarang