Kunjungan Lapangan Asian Development Bank (ADB) ke Lima Area Lokus Pilot Project TA 9928 REG: Developing Innovative Community-Based Long-Term Care Systems and Services

Senin, 05/12/2022Yogyakarta

causes

Bappenas dalam melaksanakan Pilot Pembentukan Layanan dan Sistem Perawatan Jangka Panjang, mendapatkan dukungan teknis (Technical Assistant—TA) dari Asian Development Bank (ADB).   Pada bulan November 2022, Asian Development Bank melakukan serangkaian kunjungan lapangan ke lima area pilot proyek TA 9928 REG: Developing Innovative Community-Based Long-Term Care Systems and Services. Setelah lebih dari dua setengah tahun memberikan pelatihan pertemuan serta mentoring implementasi secara daring, tim ADB berkesempatan untuk bertemu langsung dengan semua tim Layanan Lansia Terintegrasi (LLT).  Secara maraton Tim ADB bertemu dengan tim LLT dari Melinggih (Gianyar) dan Pedungan (Kota Denpasar) di Provinsi Bali serta Banyuraden (Sleman), Guwosari (Bantul) dan Wirogunan (Kota Yogyakarta) di Provinsi D.I Yogyakarta. Pertemuan diawali di Melinggih pada tanggal 15 November 2022 dan dilanjutkan keesokan harinya di Pedungan. Lalu tanggal 18 November ADB melanjutkan kunjungannya ke Banyuraden dan Guwosari serta menutup rangkaian kunjungan lapangan tanggal 21 November 2022 dengan mengunjungi Wirogunan.

Dalam pertemuan ini, SurveyMETER yang mengkoordinir pelaksanaan pilot ini di lima lokasi, berkesempatan memandu acara diskusi dengan para pemangku kepentingan dari masing-masing area seperti kepada desa/lurah setempat, puskesmas, PKK, Posyandu lansia dan layanan lansia lainnya. Topik seperti keberhasilan LLT, penyampaian layanan dari LLT serta harapan di tahun 2023 merupkan hal yang cukup menarik untuk dibahas di antara mereka. Selain itu, tim ADB  juga melakukan diskusi mendalam bersama tim Layanan Lansia Terintegrasi untuk menggali pemahaman masing-masing akan program layanan dan dukungan bagi para lansia. Pada setiap pertemuan, tim ADB mengunjungi kegiatan para lansia aktif yang bervariatif. Mulai dari yoga, ekonomi kreatif, senam otak, hingga pembuatan jamu tradisional. Selain meninjau kegiatan lansia aktif, mereka berkesempatan juga mengunjungi lansia tirah baring atau dalam kategori lansia level 3 yang rentan dan renta. Kunjungan langsung ke para lansia tersebut membuat mereka lebih memahami apa yang sudah berjalan baik dan area mana yang memerlukan dukungan lebih lanjut.

Kunjungan ADB 2
Kunjungan Lapangan Asian Development Bank (ADB) ke lokasi pilot projek TA 9928 di Provinsi Bali dan D.I Yogyakarta, 15-21 November 2022

Di sela kunjungan tersebut, tim ADB juga mengadakan workshop selama satu setengah hari bersama para konsultan nasional dan Internasional dari Layanan Lansia Terintegrasi. Bertempat di kantor SurveyMETER pada tanggal 19-20 November 2022, acara ini menjadi ajang diskusi mendalam yang lama tertunda bagi para konsultan nasional/internasional dan ADB. Hasil yang disimpulkan dalam workshop tersebut diharapkan dapat memudahkan kegiatan Layanan Lansia Terintegrasi ke depannya.

Pertemuan yang singkat namun cukup berkesan mendalam ini merupakan wujud nyata dari keseriusan Bappenas, ADB, SurveyMETER dan para konsultan nasional/internasional dalam menangani persoalan lansia yang ada di Indonesia. Menua merupakan proses yang tidak dapat dihindari. Menua di tempat yang nyaman serta komunitas yang aman tanpa memandang tingkat pendapatan ataupun kemampuan adalah harapan hidup berkualitas yang didambakan oleh para lanjut usia.