Tanggal
17 Juli 2024

Kata Kunci


Lokasi
SurveyMETER

Tipe
Buku

Penulis




Share Artikel:

COVID-19 DISRUPTION AND REGIONAL DEVELOPMENT IN SMALL ISLAND ECONOMIES

(PANDEMI COVID-19 DAN PEMBANGUNAN DAERAH DI PEREKONOMIAN PULAU KECIL)

Pandemi COVID-19 membuahkan terjadinya kesenjangan akses pengetahuan di antara pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini (PAUD). Selama Pandemi COVID-19, orang tua dan guru menjadi pemeran utama dalam pembelajaran PAUD dari rumah. Namun sayangnya guru yang diharapkan dapat membekali orang tua dengan berbagai metode pembelajaran berbasis permainan sebagai adaptasi selama Pandemi COVID-19 melalui 12 Modul Pembelajaran PAUD juga belum mengetahui dan memanfaatkan modul pembelajaran tersebut secara maksimal.

Demikian di antara temuan Studi Adaptasi PAUD pada Masa Pandemi COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta yang dilaksanakan SurveyMETER dengan dukungan Knowledge Sector Initiative (KSI) pada Januari - Maret 2021.

Di sisi lain Pandemi COVID-19 juga membuahkan dampak kesehatan mental bagi guru dan pengasuh PAUD. Dampak tersebut diulas dengan komprehensif oleh tim studi SurveyMETER (Ni Wayan Suriastini, Fita Herawati, Ika Yulia Wijayanti, Indrawan Firdauzi, Setyo Pujiastuti, dan Sukamtiningsih) dengan judul “Mental Health Consequences of COVID-19 Pandemic on Teachers and Caregivers of Early Childhood Education” di buku ini pada Part I COVID-19 DISRUPTION Chapter 5 halaman 91-112.

Secara umum buku—berjudul COVID-19 Disruption, Small Island Economy, and Regional Development in Indonesia—ini mengupas konteks unik Indonesia, negara kepulauan yang luas yang mencakup banyak pulau kecil, dalam menghadapi kompleksitas dampak COVID-19 terhadap sosial ekonomi dan pendidikan. Selengkapnya buku tersebut dapat diunduh di tautan berikut:

https://www.dropbox.com/scl/fi/4jv4n61wfnobewmermgp1/IRSA2024_ISBN-PDF_final.pdf?rlkey=8dsdor1yqis27ll7i0hu4kmye&e=1&st=vr9mc1cw&dl=0