Tanggal
22 October 2014

Kata Kunci
Kota Ramah Lanjut Usia, Lanjut Usia di Surabaya

Lokasi
Surabaya

Tipe
Buku

Penulis
SurveyMETER dan CAS UI



Share Artikel:

One Step towards the DREAM of ELDERLY-Friendly Cities for Senior Citizens in 2030 | Surabaya City

impian kota lansia Surabaya

Berdasarkan data baseline Studi Asesmen Kota Ramah Lanjut Usia tahun 2013 Kota Surabaya dapat dikategorikan sebagai kota yang belum namun sudah melangkah menuju kota ramah lanjut usia.

Berdasarkan kategori pencapaian warna yang disesuaikan pada persentase skor penilaian masyarakat yang menyatakan Sesuai dan Sangat sesuai, masyarakat Kota Surabaya memberikan penilaian warna orange dengan bobot skor yang selangkah menuju kuning yaitu 46,3%. Masyarakat kota ini menilai dari 8 dimensi kota ramah lansia dua dinilai sudah berwarna kuning, belum ada yang hijau. Lima dimensi lainnya berwarna orange dan satu dimensi berwarna merah. Beberapa dimensi orange memiliki skor yang mendekati batas minimal warna kuning. Kelemahannya skor total satu dimensi warna merah masih terhitung rendah (13.8%) sehingga memengaruhi skor total.

Meski demikian, harapan untuk mewujudkan kota ramah lansia di Surabaya sudah terbuka. Modalnya, pada dua dimensi berwarna kuning dan dimensi warna orange yang sudah memperoleh skor cukup tinggi.

Bagaimana gambaran detail capaian 8 dimensi kota ramah lanjut usia di Kota Surabaya? Bagaimana jika dibandingkan dengan keadaan umum di Indonesia? Bagaimana rekomendasi pencapaian dan strategi untuk Kota Surabaya dalam mewujudkan Kota Ramah Lanjut Usia 2030? Selengkapnya silahkan unduh.

Ikon PDFOne Step towards the DREAM of ELDERLY-Friendly Cities for Senior Citizens in 2030 | Surabaya City