Tanggal
27 Juli 2023

Kata Kunci
PAUD,Covid-19

Lokasi
SurveyMETER

Tipe
Buku

Penulis
Ni Wayan Suriastini, Fita Herawati, Cici Permata Rusadi, Dani Alfah, Indrawan Firdauzi, Setyo Pujiastuti, Sukamtiningsih.



Share Artikel:

Adaptasi PAUD Pada Masa Pandemi COVID-19

Cover buku PAUD_r

Pada Januari hingga Maret 2021, dengan dukungan Knowledge Sector Initiative (KSI), SurveyMETER melaksanakan Studi Adaptasi PAUD pada Masa Pandemi COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta. Studi ini mewawancarai lebih dari 1900 orang responden yang merupakan pengawas/penilik sekolah, kepala sekolah, guru, dan orang tua lewat phone survey. Selama pembelajaran daring, pemerintah membekali kepala sekolah, guru, dan orang tua sebuah modul pembelajaran PAUD dari rumah dengan mengutamakan keterlibatan peserta didik. Studi ini ingin menyoal sejauh mana intervensi kebijakan tersebut tepat sasaran.

Studi ini menggambarkan kesenjangan akses pengetahuan di antara pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini selama Pandemi COVID-19. Orang tua dan guru seyogyanya menjadi pemeran utama dalam pembelajaran PAUD dari rumah. Guru diharapkan membekali orang tua berbagai metode pembelajaran berbasis permainan sebagai adaptasi selama Pandemi COVID-19, seperti di 12 Modul Pembelajaran PAUD. Sayangnya, hanya sedikit dari mereka yang memanfaatkan atau mengetahuai modul pembelajaran tersebut. Sebagian besar pemilik modul dan partisipan pelatihan modul justru bukan dari mereka yang secara langsung mendampingi anak-anak usia dini belajar di rumah.

Berikut tautan untuk mengunduh buku tersebut, gratis.

 

Versi lengkap:

pdf2Adaptasi PAUD Pada Masa Pandemi COVID-19

Isi:

pdf2Cover Depan

pdf2Halaman ISBN

pdf2Kata Pengantar

pdf2Executive Summary

pdf2Daftar Isi

pdf2Daftar Tabel

pdf2Daftar Singkatan

pdf2Pengantar

pdf2Temuan Studi

pdf2Kesimpulan dan Rekomendasi

pdf2Referensi

pdf2Lampiran

pdf2Cover Belakang