Tanggal
21 October 2014

Kata Kunci
Kota Ramah Lanjut Usia, Lanjut Usia di Medan

Lokasi
Medan

Tipe
Buku

Penulis
SurveyMETER dan CAS UI



Share Artikel:

Satu Langkah Menuju IMPIAN LANJUT USIA Kota Ramah Lanjut Usia 2030 | Kota Medan

impian kota lansia MedanBerdasarkan data baseline Studi Asesmen Kota Ramah Lanjut Usia tahun 2013 Kota Medan dapat dinarasikan sebagai kota yang masih sangat jauh dari kota ramah lansia.

Berdasarkan kategori pencapaian warna yang disesuaikan pada persentase skor penilaian masyarakat yang menyatakan Sesuai dan Sangat sesuai, masyarakat Kota Medan memberikan penilaian warna oranye dengan skor sangat rendah yaitu total 26,6% atau hanya 2% di atas batas warna merah. Masyarakat kota ini menilai dari 8 dimensi tidak ada satu pun yang dinilai sudah berwarna kuning, apalagi hijau. Rinciannya, 4  dimensi berwarna orange dan 4 dimensi berwarna merah. Bahkan skor total semua dimensi warna orange masih rendah, yaitu di kisaran 31-36%.

Meski demikian, harapan untuk menjadi kota ramah lansia bukan berarti tidak ada sama sekali. Modalnya adalah semua dimensi yang berwarna orange dan capaian warna merah tidak ada skor yang di bawah 10%. Tetapi untuk mewujudkan kota ramah lansia pada 8 dimensi tersebut perlu kerja keras yang nyata dari semua pihak, tidak hanya pemerintah namun juga keterlibatan pihak swasta dan semua elemen masyarakat.

Bagaimana gambaran detail capaian 8 dimensi kota ramah lanjut usia di Kota Medan? Bagaimana jika dibandingkan dengan keadaan umum di Indonesia? Bagaimana rekomendasi pencapaian dan strategi untuk Kota Medan dalam mewujudkan Kota Ramah Lanjut Usia 2030? Selengkapnya silahkan unduh.

Ikon PDFSatu Langkah Menuju IMPIAN LANJUT USIA; Kota Ramah Lanjut Usia 2030 | Kota Medan