Survei Kesehatan Anak dan Ibu (SKAI) Endline

Selasa, 21/11/2017SurveyMETER

causes

SurveyMETER berkerja sama dengan Transparency for Development (T4D) Program kembali melakukan pengumpulan data Survei Kesehatan Anak dan Ibu (SKAI). Survei ini merupakan endline dari studi yang sama yang dilaksanakan pada 2015.

SKAI merupakan studi yang dilakukan untuk melihat dampak dari program T4D  yang dipimpin bersama oleh Harvard Kennedy School dan Results for Development Institute (R4D) untuk menilai sejauh mana Transparansi yang dirancang dengan baik dan intervensi Akuntabilitas (T/A) dapat meningkatkan kesehatan Ibu, Neonatal dan Anak atau Maternal Neonatal and Child Health (MNCH).

Sebagaimana baselinenya, studi proyek T4D endline ini melibatkan 200 desa di 17 kabupaten/kota terpilih di Provinsi Banten (Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Cilegon) dan Provinsi Sulawesi Selatan (Kabupaten Bone, Wajo, Soppeng, Sidrap, Pinrang, Bulukumba, Bantaeng, Enrekang, Sinjai, Luwu, Maros, dan Barru).

Seperti baselinenya, data studi dikumpulkan ada tiga jenis yaitu yaitu survei fasilitas kesehatan, komunitas, dan rumah tangga. Tim survei komunitas dan fasilitas (Komfas) terlebih dahulu melakukan pengumpulan data dan melakukan listing yang akan menjadi acuan tim rumah tangga dalam penentuan sampel.

Tim Komfas mulai bertugas di lapangan pada 13 November 2017. Sementara tim rumah tangga mulai bertugas Senin (20/10/2017) kemarin. Kedua tim akan bertugas di lapangan hingga akhir Januari 2018. (JF)