Survei Usaha Toko Kelontong Indonesia 2016

Kamis, 31/03/2016DKI Jakarta

causes

SurveyMETER kerja sama dengan Tilburg University dan J-PAL SEA melakukan Survei Usaha Toko Kelontong Indonesia. Pengumpulan data lapangan survey ini telah dilakukan mulai 18 Maret lalu dan direncanakan akan selesai pada pertengahan April 2016 mendatang.

Pada awalnya penelitian mengenai bisnis warung eceran ini dinamai Survei Manajemen Bisnis Warung Eceran di Jakarta. Termasuk pada tahap pendataan (listing) populasi sampel bualn Januari lalu masih dinamai seperti itu. Tahapan studi ini meliputi baseline study, intervensi program, dan endline study.

Tujuan studi warung eceran ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat pertumbuhan usaha warung eceran di Indonesia. Juga, untuk melihat sejauh mana pengaruh pengetahuan tentang praktek usaha yang baik terhadap kinerja sebuah usaha kecil dan mikro. Sampel penelitian ini adalah 1.300 warung eceran di wilayah urban dan sub urban Provinsi DKI Jakarta. Semua sampel berada di 30 kelurahan di 4 kota administratif DKI Jakarta selain Jakarta Utara dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Dalam studi ini banyak hal ditanyakan kepada responden untuk mengetahui praktek usaha yang selama ini mereka lakukan. Antara lain bagaimana cara mereka mencatat transaksi keuangan, persediaan, pinjaman, tabungan, dan lain-lainl, serta kondisi usaha mereka (meliputi penjualan, keuntungan, investasi). Peneliti lapangan juga menanyakan tentang faktor psikologis dari pemilik usaha, seperti semangat, kepercayaan maupun nilai-nilai pribadi lainnya.

Survei ini merupakan studi baseline studi di mana endline-nya akan dilakukan dalam jangka waktu 6 bulan ke depan setelah proses intervensi dilakukan. Pada endline study peneliti akan mengunjungi kembali sampel yang sama dan menanyakan bagaimana dampak intervensi terhadap perkembangan usaha mereka. (JF)