Survei Kepuasan Konsumen BPS 2015

Senin, 05/10/2015Yogyakarta

causes

SurveyMETER dipercaya Badan Pusat Statistik (BPS) untuk melakukan pengumpulan data, analisa, dan penyusunan laporan indek kepuasan dalam Survei Kepuasan Konsumen BPS. Pengumpulan data khusus di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta yang membawahi 1 kantor BPS provinsi dan 5 kantor BPS kabupaten/kota.

Pelatihan dan pembekalan terhadap 18 asisten lapangan digelar pada Kamis (01/10/2015 di Ruang Meeting 2 Kantor SurveyMETER. Sementara pelaksanakan ngumpulan data survei dilakukan mulai tanggal 2 hingga direncanakan selesai  tanggal 8 Oktober 2015 mendatang.  

Survei ini dilakukan di seluruh wilayah kerja BPS se-Indonesia. Di mana target Responden BPS pusat Jakarta terdiri 100 responden. BPS provinsi adan kabupaten/kota 40 responden dengan komposisi: responden dari instansi pemerintah sekurang-kurangnya 60%, responden dari swasta sebanyak-banyaknya 10%, responden dari lembaga pendidikan dan penelitian sekitar 10%, dan responden lainnya sebanyak-banyaknya 20%.

Responden merupakan personal atas nama lembaga/instansi sebagai pengguna data BPS satu tahun terakhir. Wawancara dilakukan dengan tatap muka langsung, email, telpon, maupun fax.

Tujuan survei ini adalah memberikan gambaran dan analisis tentang segmentasi pengguna data, kualitas data, dan tingkat kepuasan serta rekomendasi terhadap: jenis dan kualitas data dan informasi statistik, variabel pelayanan yang perlu ditingkatkan, perilaku anti korupsi yang perlu ditingkatkan, dan aksi tindak lanjut terhadap hasil survei.

Secara spesifik tiga poin yang disurvei adalah: 1) Akses responden terhadap layanan BPS. 2) Kepuasan dan harapan konsumen BPS (kepuasan dan harapan terhadap kualitas layanan BPS, kepuasan dan harapan terhadap kualitas data BPS, dan kualitas pelayanan dan harapan perbaikan terhadap perilaku anti korupsi di lingkungan BPS). 3) Keluhan dan saran/masukan dari responden. (JF)