Penelitian Pusat Studi dan Pelayanan LSM Nasional (NSSC) 2014

Rabu, 24/09/2014SurveyMETER

causes

Pada 15 Agustus hingga 18 September lalu SurveyMETER kerja bareng dengan CARDNO Emerging Markets Pty Ltd melakukan pengumpulan data studi mengenai LSM (NGO) lokal dan nasional Indonesia. Studi ini merupakan bagian dari desain program pendukung LSM di Indonesia dari lembaga yang akan direncanakan sebagai Pusat Nasional Pelayanan dan Kajian LSM atau National NGO Service and Study Center (NSSC). Sebuah program yang disuport Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT).

Penelitian dilakukan di 7 kabupaten di 4 provinsi di Indonesia yaitu Sulawesi Tengah (Kabupaten Sigi, Kabutaten Tolitoli), Jawa Timur:

(Kabupaten/Kota Kediri, Kabupaten Situbondo), Jambi (Kabupaten Muoro Jambi, Kabupaten Merangin), dan Sumatera Barat (Kabupaten Padang Pariaman). Pemilihan sampel ini berdasarkan kriteria: perpaduan antara kabupaten yang dekat dan yang jauh dengan ibukota propinsi juga memperhitungkan populasi penduduk dan tingkat kemiskinan; kombinasi wilayah Jawa, Indonesia Timur, dan Indonesia Barat serta dan provinsi yang pernah mengalami bencana alam; perpaduan antara wilayah yang menjadi target dan yang bukan target wilayah dukungan dari DFAT Australia untuk Indonesia. Sementara studi LSM Nasional di mengambil sampel Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan DKI Jakarta.

Tujuan khusus penelitian ini adalah mencari pendapat dan masukan langsung dari responden LSM tentang desain program atau fasilitas akan didanai DFAT. Beberapa kemungkinan besar untuk area program fasilitas ini adalah sistem pendanaan LSM, ruang publik untuk LSM berperan dalam pengembangan, kerja sama dan akutabilitas antara LSM-LSM, dan sistem LSM untuk perencanaan dan pengelolaan dalam organisasi mereka. Fasilitas ini tidak akan bertujuan untuk menjadi sumberdana atau pemberi hibah, tetapi mendukung LSM baik secara langsung maupun tidak langsung dalam cara lebih berkelanjutan.

Asisten Lapangan dalam pengumpulan data studi ini dibagi menjadi 3 tim untuk LSM lokal dan 1 tim nasional untuk mewawancarai total 165 LSM. Sebelumnya studi ini telah melalui pilot test instrumen dengan mewawancarai beberapa LSM level lokal di Kabupaten Merangin (LSM lokal jauh dari ibukota provinsi) dan di Kota Jambi (LSM lokal dekat ibukota provinsi) pada 2 - 5 Juli 2014.  Training asisten lapangan untuk studi LSM lokal dilaksanakan di Kota Blitar Jawa Timur pada 10 - 14 Agustus. Sementara training studi LSM level nasional dilakukan di Kantor SurveyMETER Yogyakarta pada 2-3 September setelah sebelumnya dilakukan pilot instrumen di Yogyakarta pada 28 - 29 Agustus 2014. (SPA/JF)