causes

Kuliah Umum Ekonomi Demografi


  • Tanggal : 04/10/2013 - 04/10/2013
  • Lokasi : Ruang Meeting Lt.2 Kantor SurveyMETER Jl. Jenengan Raya 109, Maguwoharjo, Sleman, DIY


Kuliah umum ini dilaksanakan pada Jum'at tanggal 04 Oktober 2013 di Ruang Meeting Lantai 2 Kantor SurveyMETER dan dikuti oleh puluhan peserta yang terdiri dari staf dan asisten peneliti SurveyMETER. Dr Aris Ananta dan Dr Evi Nurvidya Arifin berkolaborasi untuk berbagi kuliah dengan materi “Peran Analisis Demografi dalam Perencanaan Ketenagakerjaan”. Keluarga besar SurveyMETER merasa beruntung mendapatkan kuliah materi tersebut langsung dari keduanya yang merupakan pakar dalam ekonomi dan kependudukan.

Keduanya, yang kebetulan suami-istri ini, merupakan peneliti senior di Institute of South East Asian Study (ISEAS) Singapura dan Universitas Indonesia. Pada kuliah tersebut, beberapa hal menarik disampaikan pemateri, antara lain; pengalaman keduanya dalam memperdalam ilmu demografi, apa itu analisis demografi, tren demografi, dan tantangan kedepan untuk para demographer. Ibu Evi mengungkapkan bahwa demografi berkaitan dengan 3 hal, yaitu: jumlah, komposisi, dan distribusi penduduk; ekonomi, sosial, politik, dan bisnis; dan fertilitas, mortalitas, dan migrasi.

Makalah yang disampaikan tersebut sebelumnya telah di presentasikan oleh keduanya pada sebuah seminar di Program Studi Kependudukan dan Ketenagakerjaan Pasca Sarjana Universitas Indonesia pada 1 oktober lalu. Acara kuliah umum ini berlangsung menarik karena staf SurveyMETER yang banyak bertanya mengenai ilmu demografi ini, ilmu yang selama ini proses pengumpulan data lapangannya menjadi makanan sehari-hari SurveyMETER. [JF] 

Gallery :