Tanggal
20 Juni 2018

Kata Kunci


Lokasi
SurveyMETER

Tipe
Berita

Penulis




Share Artikel:

Laporan Hasil Survei Rumah Tangga Tangga Pelinting Rokok Kretek di Indonesia 2016

Laporan hasil Survei Rumah Tangga Tangga Pelinting Rokok Kretek di Indonesia sudah dirilis. Survei dilaksanakan pada Oktober-Desember 2016 atas kerja bareng SurveyMETER dengan American Cancer Society (ACS) untuk Bank Dunia. Survei ini merupakan satu rangkaian penelitian (3 in 1) dengan Survei Petani Cengkih dan Survei Petani Tembakau di Indonesia

Laporan disusun dalam Bahasa Inggris oleh tim peneliti dari tiga lembaga tersebut dalam dua judul termasuk Bondan S Sikoki dan Firman Witoelar dari SurveyMETER. Judul laporan pertama adalah “The economics of tobacco taxation and employment in Indonesia: health population and nutrition global practice.” Laporan kedua berjudul “The economics of Kretek rolling in Indonesia: health population and nutrition global practice.”

Laporan kedua tersebut mengidentifikasi karakteristik sosial ekonomi dan pasar kerja para pekerja kretek dan rumah tangga mereka dari dua kabupaten penghasil rokok kretek besar. Analisis dalam laporan ini didasarkan pada data yang dikumpulkan dari sampel survei terhadap 720 rumah tangga pekerja kretek dari dua kabupaten penghasil rokok kretek besar, Kudus dan Malang. Rincian metodologi survei tersedia di lampiran A. Pemilihan kabupaten sampel secara purposif didorong oleh tingginya konsentrasi regional pabrik rokok kretek. Berdasarkan Survei Industri tahunan (SI), 40 persen pekerja kretek Indonesia hanya ada di tiga kabupaten, Kudus (21,4 persen), Kediri (10,2 persen), dan Malang (8,6 persen) (Bank Dunia, 2017a). Laporan ini terdiri dari enam bagian, termasuk pendahuluan ini.

Bagian berikutnya, bagian dua, menguraikan profil sosial ekonomi pekerja kretek dan rumah tangganya. Pada bagian tiga, karakteristik pasar kerja pekerja kretek dibahas. Status mata pencaharian pekerja kretek dibahas di bagian empat. Bagian lima menyajikan hasil simulasi dampak reformasi kebijakan cukai rokok terhadap penghidupan pekerja kretek. Terakhir, bagian enam diakhiri dengan ringkasan temuan dan rekomendasi kebijakan.

Laporan selengkapnya unduh di:

http://documents.worldbank.org/curated/en/644791507704057981/The-economics-of-Kretek-rolling-in-Indonesia