Tanggal
25 Mei 2018

Kata Kunci


Lokasi
SurveyMETER

Tipe
Berita

Penulis




Share Artikel:

Laporan Hasil Survei Petani Cengkih Indonesia 2016

Laporan hasil Survei Petani Cengkih di Indonesia sudah dirilis. Survei dilaksanakan pada Oktober-November 2016 atas kerja bareng SurveyMETER dengan American Cancer Society (ACS) untuk Bank Dunia. Survei ini merupakan satu rangkaian penelitian (3 in 1) dengan Survei Rumah Tangga Tangga Pelinting Rokok Kretek di Indonesia dan Survei Petani Tembakau di Indonesia.

Laporan disusun dalam Bahasa Inggris oleh tim peneliti dari tiga lembaga tersebut, termasuk Bondan S Sikoki dan Firman Witoelar dari SurveyMETER. Judul laporan “The economics of clove farming in Indonesia: health population and nutrition global practice.”

Laporan tersebut bertujuan untuk menginformasikan diskusi terkini tentang perpajakan rokok kretek di Indonesia dengan mengkaji mata pencaharian pertanian cengkih. Laporan ini menyajikan hasil survei komprehensif tingkat rumah tangga, yang berfokus pada ekonomi terhadap 600 petani cengkih di dua wilayah penghasil cengkih terbesar, Sulawesi dan Jawa Tengah. Survei tersebut mengkaji peran pertanian cengkih dalam kehidupan ekonomi rumah tangga tersebut, di antara topik terkait lainnya.

Laporan selengkapnya unduh di:

https://documents.worldbank.org/en/publication/documents-reports/documentdetail/166181507538499946/the-economics-of-clove-farming-in-indonesia