Diskusi Penyusunan Pedoman Gerakan Jogja Sapa Lansia Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta

Jumat, 04/10/2024Yogyakarta

causes

Tiga staf peneliti SurveyMETER memenuhi undangan Penyusunan Pedoman Gerakan Jogja Sapa Lansia dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Yogyakarta, Kamis (03/10/2024) bertempat di Ruang Rapat Parikesit Lantai 3, Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta. Kegiatan dilaksankan oleh Bidang Pemberdayaan dan Rehabilitasi Sosial.

Program Jogja Sapa Lansia merupakan kegiatan yang sejalan dengan program Layanan Lansia Terintegrasi dan Road Map Kota Jogja Ramah Lansia. Bentuk kegiatannya antara lain kunjungan kepada lansia dengan prioritas lansia tirah baring (bedridden) dan lansia yang hanya bisa beraktivitas di dalam rumah. Lansia akan diperiksa kondisi kesehatan baik fisik maupun mental serta sosialnya. Selanjutnya lansia akan diberikan penanganan sesuai kebutuhannya sehingga kondisinya tidak semakin memburuk.

Dalam kegiatan koordinasi tersebut Dinsosnakertrans meminta masukan SurveyMETER terkait program Gerakan Jogja Sapa Lansia kedepan. “Di program yang sudah berjalan sebelumnya Jogja Sapa Lansia melibatkan mahasiwa dari beberapa universitas, ke depannya kami ingin meningkatkan peran dan kepedulian lintas generasi terhadap lansia di sekitarnya. Karena saat ini bahkan banyak keluarga lansia kurang memberikan perhatian yang serius kehidupan lansia di keluarganya,” papar Kepala Bidang Pemberdayaan dan Rehabilitasi Sosial Bidang, Indrawati, S.Sos, M.I.P.

Menyambut maksud Dinsosnakertrans Jogja tersebut Peneliti SurveyMETER Endra Dwi Mulyanto M.P.H mempresentasikan materi “Paparan Konsep Program Gerakan Jogja Sapa Lansia” kepada Ibu Kabid dan staf-stafnya. Paparan Endra mulai dari pemetaan persoalan lansia hingga pelaksanaan dan evaluasi program.

“Dalam pelaksanaannya kami mengusulkan pendekatan partisipatif berbasis komunitas dan kolaboratif. Jadi, selain melibatkan mahasiwa, komda lansia kelurahan, dan kader kesehatan juga perlu melibatkan komunitas karang taruna sebagai relawan,” papar Endra.

Di akhir kegiatan diskusi koordinasi disepakati tim SurveyMETER akan membantu program Jogja Sapa Lansia dalam menyusun pedoman program secara umum termasuk materi pelatihan relawan yang akan dilaksanakan pada 18-19 Oktober 2024.