Laporan Hasil Studi Manajemen Kebersihan Menstruasi di Indonesia 2014

Tuesday,26/05/2015SurveyMETER

causes

Pada September sampai Oktober 2014 lalu, SurveyMETER melakukan Studi Manajemen Kebersihan Menstruasi di Indonesia atau Menstrual Hygiene Management (MHM). Studi ini merupakan kerja bareng SurveyMETER, Burnet Institute, WaterAid, Aliansi Remaja Independen dengan suport dari UNICEF.  Wilayah studi berada di 8 kabupaten/kota di 4 Provinsi yaitu Papua (Kabupaten Boven Digoel, Kota Jayapura), Nusa Tenggara Timur (Kabupaten Daya, Kota Kupang), Sulawesi Selatan (Kabupaten Kepulauan Selayar, Kota Makassar), dan Jawa Timur (Kabupaten Trenggalek, Kota Madiun).

Tujuannya untuk meningkatkan manajemen kebersihan menstruasi remaja putri di Indonesia. Maksud studi tersebut untuk memahami praktek, faktor penentu dan dampaknya bagi remaja putri yang bersekolah, serta mengidentifikasi target kunci untuk intervensi demi meningkatkan kebijakan dan program khususnya di lingkungan sekolah.

Studi ini dengan dilakukan di sekolah secara pararel dengan mixed methods. Studi kualitatif dilakukan dengan metode Focus Group Discussions (FGD) dan wawancara mendalam. Studi kuantitatif dilakukan dengan cara menggunakan angket  pada siswa-siswi di sekolah dan observasi sekolah. Informan studi ini adalah Kepala Sekolah/Guru, Murid Perempuan, Murid Laki-laki, Tenaga Kesehatan (Bidan/Petugas Kesehatan di Puskesmas), dan Orang tua perempuan di sekitar sekolah.

Berikut adalah tautan laporan hasil (versi Bahasa Inggris) studi tersebut:

https://www.burnet.edu.au/system/asset/file/2034/2015_Menstrual_hygiene_management_Indonesia_FINAL_REPORT_February_2015_low_res.pdf