Laporan Hasil Survei Keberlanjutan Petani Penggarap (SKPP-KOPI) 2015

Wednesday,16/11/2016SurveyMETER

causes

 

Pada Agustus sampai September 2015 lalu SurveyMETER berkerja sama dengan Abdul Latif Jameel Poverty Action Lab (J-PAL) dan The University of Sidney melakukan Survei Keberlanjutan Petani Penggarap (SKPP-KOPI) 2015 di Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan dan Lampung.

Tujuan utama studi ini ada tiga, pertama, untuk mengidentifikasi dan menganalisis aspek-aspek yang berhubungan dengan kehidupan petani penggarap kopi. Kedua, untuk mengetahui dan menganalisis informasi yang berhubungan dengan pengalaman petani kopi dalam mengelola usaha tani kopi dan usaha tani lainnya.  Ketiga, untuk mengetahui dan menganalisis dampak dari program sertifikasi kopi terhadap kehidupan petani kopi.

Responden utama yang diwawancarai dalam studi ini adalah mereka yang menjadi petani kopi, baik petani kopi yang mendapat binaan dari IndoCafco maupun petani yang bukan. Petani binaan Indocafco dalam studi ini disebut sebagai petani kopi kelompok RCT, sedangkan yang bukan binaan Indocafco disebut sebagai petani kopi kelompok PSM (Propensity score matching).

Silahkan unduh laporan versi English survei tersebut di: http://www.isealalliance.org/sites/default/files/private/ISEAL%20DIPI%20Indonesia%20baseline%20study%20report.pdf