Site Title

  • Language

Sosialisasi dan Perjanjian Kerjasama Studi Pengembangan Sistem Terpadu Penanganan Stunting Berbasi Data di Level Puskesmas di Kabupaten Nganjuk

Judul : Sosialisasi dan Perjanjian Kerjasama Studi Pengembangan Sistem Terpadu Penanganan Stunting Berbasi Data di Level Puskesmas di Kabupaten Nganjuk
Pelaksanaan : 18.10.2004 - 18.10.2004
Lokasi : Balai Desa Ngrombot Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk
Kategori : Pendampingan

Kegiatan Studi Pengembangan Sistem Terpadu Penanganan Stunting Berbasi Data di Level Puskesmas di Kabupaten Nganjuk memasuki tahap sosialisasi yang dilanjutkan dengan penandatangan perjanjian kerjasama. Acara tersebut digelar Kamis pagi (04/10/2010) di Balai Desa Ngrombot Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk.

Penandatanganan perjanjian dilakukan oleh SurveyMETER dan Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk. Pembubuh tandatangan dari SurveyMETER adalah Roni Hermoko selaku koordinator pelaksana kegiatan dan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk dokter Achmad Noeroel Cholis selaku kepala dinas. Saksi penandatanganan adalah perjanjian Sekretaris Camat Patianrowo, Bambang WK SE; Kapolsek Patianrowo, AKP Joni Suprapto SH; dan Danramil Patianrowo, Kapten Infanteri Sudarsono. Proses penandatanganan juga disaksikan oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk, Guruh Hari W; Perwakilan Bappeda Kabupaten Nganjuk; Kepala Puskesmas Patianrowo, Mamik Endang; dan 11 perwakilan pemerintah desa di wilayah Kecamatan Patianrowo.

Dalam sosialisasinya, Roni menyampaikan bahwa kegiatan studi didukung oleh knowledge sector initiative (KSI) sebagai konsorsium pelaksana program kerja sama Pemerintah Australia dengan pemerintah Indonesia. Menurut Roni, studi ini didorong oleh dua isu besar yaitu persoalan stunting yang selain menjadi isu nasional juga menjadi masalah internasional serta persolaan data yang akan dijadikan rujukan dalam menangani stunting di daerah-daerah di Indonesia. “Karenanya kegiatan ini menjadi tanggung jawab bersama sehingga semua pihak baik dari SurveyMETER, Dinas Kesehatan, Kecamatan, Polsek, Koramil, Puskesmas, Pemerintahan Desa, hingga para Bidan Desa dan kader posyandu di 11 desa diharap dapat menyukseskannya,” terang Roni.

Roni menyampaikan kegiatan lapangan studi akan berjalan selama 6 bulan dimulai Oktober 2018 hingga Maret 2019. Kegiatan lapangan berikutnya paska sosialisasi dan penandatanganan kerjasama adalah pilot tes instrumen dan pelatihan kader kesehatan desa sebagai calon pengumpul data. Studi akan dilakukan dua tahap yaitu baseline studi (Oktober-November 2018) dan endline studi (Januari-Februari 2019). Selama pengumpulan data lapangan kader kesehatan akan didampingi oleh 4 orang fasilitator dari SurveyMETER.

Dokter Achmad Noeroel Cholis dalam sambutannya menyampaikan penanganan masalah stunting juga merupakan salah satu program prioritas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk. Menurutnya stunting dapat mempengaruhi kecerdasan anak di masa perkembangan 1-5 tahun. Dalam penanganannya memerlukan data yang akurat. Kalau datanya keliru maka penanganannya pun akan keliru. “Dengan studi ini nantinya akan ada gambaran apa yang akan kita lakukan, dimulai dari Kecamatan Patianrowo kemudian diimplementasikan ke kecamatan lainnya” kata dokter Cholis. (JF)

Balai Desa Ngrombot Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk

Not Found

Not Found