Pilot Studi Lanjut Usia Purworejo 2011: Mempelajari Permasalahan Kelanjutusiaan dengan Metode CAPI

Monday, 15/08/2011SurveyMETER

causes

Pada akhir Juli dan awal Agustus 2011 lalu, SurveyMETER melakukan pilot studi mengenai lanjut usia di Purworejo. Studi ini merupakan penelitian independen yang dilakukan SurveyMETER dengan suport dari Program Sektor Pengetahuan (Knowledge Sector) AusAID yang dikelola oleh The Asia Foundation (TAF). Studi ini dilakukan di satu desa di Kabupaten Purworejo dengan sampel 200 responden usia 50 tahun ke atas.

Pada studi ini juga diujicobakan metode pengambilan data dengan metode Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI) tidak lagi dengan menggunakan metode pengumpulan dengan menggunakan kuesioner (paper) atau sering disebut dengan metode Paper-And Pencil Interview (PAPI). Di mana pewawancara membacakan langsung pertanyaan dan mengentri jawaban dalam laptop sekaligus saat responden menjawab. Oleh karena itu studi ini lebih sering disebut sebagai Studi CAPI. Pewawancara studi ini kebanyakan merupakan peneliti senior di SurveyMETER.

Pilot Test Lansia CAPI

Suasana di basecamp tim pilot studi Lanjut Usia Purworejo 2011

Studi CAPI 2011 ini merupakan persiapan awal desain pelaksanaan Indonesia Family Life Survey putaran kelima (IFLS-5) 2014 yang juga direncanakan menggunakan metode CAPI. Kuesioner dalam studi lansia ujicoba CAPI ini adalah buku 3B yang merupakan satu dari banyak buku instrumen responden individu dalam IFLS.

Studi lapangan dilaksanakan selama tiga kali setipa akhir pecan yaitu 18-20 Juli, 27-30 Juli, dan 4-5 Agustus 2011 melibatkan 18 orang staf peneliti senior dan asisten peneliti lapangan. (JF)