Tanggal
16 Oktober 2014

Kata Kunci
Kota Ramah Lanjut Usia, Lanjut Usia di Denpasar Bali

Lokasi
Denpasar Bali

Tipe
Buku

Penulis
SurveyMETER dan CAS UI



Share Artikel:

Satu Langkah Menuju IMPIAN LANJUT USIA Kota Ramah Lanjut Usia 2030 | Kota Denpasar

impian kota lansia DenpasarBerdasarkan data baseline Studi Asesmen Kota Ramah Lanjut Usia tahun 2013 Kota Denpasar secara umum masih belum memenuhi kriteria kota ramah lanjut usia. Karena belum memenuhi umumnya kebutuhan kelompok lanju usia.

Berdasarkan kategori pencapaian warna yang disesuaikan pada persentase skor penilaian Sesuai dan Sangat sesuai, masyarakat Kota Denpasar menilai 8 dimensi kota ramah lansia baru mencapai skor 42%. Rinciannya 4 dinilai berwarna orange, 3 warna kuning dan 1 warna merah. Berdasarkan capaian indikator kota ramah lansia tersebut kota ini masih jauh dikatakan ramah lansia.

Dilihat dari kategori warna di atas yang tidak ada satupun yang berwarna hijau, karena tidak ada yang mencapai total skor diatas 75%. Namun dengan capaian tersebut, jalan untuk mewujudkan kota ramah lansia cukup terarah. Karena total skornya sudah mencapai 42% lebih sehingga masuk kategori warna orange. Artinya, untuk meraih predikat kota ramah lansia tahun 2030 (warna hijau), Kota Denpasar harus memulai perjalanan dari kategori pencapaian warna “orange” dan melewati fase warna “kuning” terlebih dahulu.

Bagaimana gambaran detail capaian 8 dimensi kota ramah lanjut usia di Kota Denpasar? Bagaimana jika dibandingkan dengan keadaan umum di Indonesia? Bagaimana rekomendasi pencapaian dan strategi untuk Kota Denpasar dalam mewujudkan Kota Ramah Lanjut Usia 2030? Selengkapnya silahkan unduh.

Ikon PDF Satu Langkah Menuju IMPIAN LANJUT USIA; Kota Ramah Lanjut Usia 2030 | Kota Denpasar