Studi Pelayanan Tenaga Kesehatan Puskesmas Papua 2014

Minggu, 08/06/2014SurveyMETER

causes

SurveyMETER bekerja sama dengan Research Triangle Institue (RTI- Kinerja) melakukan Studi Pelayanan Tenaga Kesehatan Puskesmas di Papua (Survey of Absenteeism in Health Center of Papua Province). Studi lakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Studi dilakukan di Provinsi Papua meliputi Kabupaten Jayapura, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Timika dan Kota Jayapura.

Studi ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur pelayanan yang diberikan oleh petugas kesehatan puskesmas di Papua serta untuk mengetahui kondisi fasilitas tersebut (puskesmas) dalam memberikan pelayanan kesehatan. Selain itu, juga bertujuan untuk membantu menjelaskan mekanisme perubahan yang mungkin terjadi atau mungkin tidak terjadi dalam pemberian perawatan pasien dan kapasitas organisasi unit kesehatan di kabupaten mitra.

Target responden if adalah dokter, perawat, dan bidan di 53 puskesmas di wilayah studi. Sedangkan survey kualitatif dilakukan dengan focused group discussion (FGD) kelompok responden laki-laki dan perempuan, baik pengguna jasa fasilitas puskesmas maupun bukan serta dengan melakukan in depth interview tokoh masyarakat yang tinggal di sekitar puskesmas.

Secara keseluruhan kegiatan survai ini dilaksanakan kurang lebih selama 1,5 bulan yaitu dari pertengahan bulan Mei sampai bulan Juni 2014. Kegiatan lapngan diawali dengan pelatihan petugas lapangan pada 5 – 9 Mei di Hotel Queen Colombo Yogyakarta. Pemberangkatan tim ke lapangan serentak dilakukan pada 17 Mei yang lalu. Susunan tim kuantitatif terdiri dari 1 supervisor, 1 editor dan 3 enumerator sedangkan tim kualitatif terdiri dari 1 moderator dan 1 notulen. (JF)