Pilot 2 Survei Kesehatan Keluarga Indonesia (SKKI) 2015

Jumat, 06/02/2015Kota Medan Provinsi Sumatera

causes

Mulai 3 Februari hingga 3 minggu ke depan SurveyMETER kembali melaksanakan pengumpulan data Survei Kesehatan Keluarga Indonesia (SKKI) 2015. Pelaksanaan studi ini bekerja sama dengan The Jameel Poverty Action Lab (J-PAL) dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS). Wilayah studi bertempat di 12 Kelurahan di 2 Kecamatan di Kota Medan Provinsi Sumatera.

Studi ini merupakan pilot survey tahap 2 sebelum baseline survey-nya akan dilaksanakan di 735 desa/kelurahan di 3 provinsi yaitu Sumatera Utara, Jawa Timur, dan Sulawesi Tenggara pada beberapa bulan mendatang. Pilot survey tahap 1 dilaksanakan pada Oktober - November 2014.

Tujuan keseluruhan dari proyek ini adalah untuk mengumpulkan data dalam mengukur tingkat kesehatan keluarga serta untuk memberikan wawasan tentang revisi premi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dijadwalkan 2016 melalui Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS). Tujuan khususnya di antaranya untuk menyelidiki apakah menggunakan insentif, melibatkan masyarakat dalam sosialisasi dan pembayaran, dan mengurangi biaya repot dalam mendaftar akan meningkatkan partisipasi pekerja informal tidak miskin, mengurangi seleksi kerugian (adverse selection) dan meningkatkan stabilitas keuangan JKN.

Yang membedakan pilot study 2 dengan pilot study 1 adalah setelah sosialisai program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kemudian dilakukan treatment (pelayanan) sehingga responden sampel yang mendapatkan voucher tertarik untuk mendaftar ke BPJS. Perbedaan lainnya, dari sisi pengumpuklan data lapangan, Pilot Study 2 ini menggunakan metode program Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI). Di mana pewawancara membacakan langsung pertanyaan dan mengentri jawaban dalam laptop sekaligus saat responden menjawab. (JF)