Kegiatan Akhir Tahun Pendampingan Desa Guwosari

Rabu, 08/01/2014Guwosari, Pajangan, Bantul

causes

Di Desa Guwosari kegiatan penutup tahun Tim Pendampingan Desa dari SurveyMETER diisi dengan dua kegiatan dalam sehari yaitu tanggal 26 Desember 2013. Kedua kegiatan ini digelar di kompleks Balai Desa Guwosari Kecamatan Pajangan, Bantul.

Kegiatan pertama adalah “Pelatihan Pembelajaran dan Penataan Lingkungan PAUD” yang diikuti oleh 12 PAUD Desa Guwosari. Materi pelatihan kembali disampaikan ekspert ke-PAUD-an Yogyakarta yaitu Ibu Dra Kis Rahayu sebagai pimpinan PAUD Unggulan Aisyiah Ngampilan dan dosen pendidikan PAUD Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Meskipun kegiatan ini digelar sehari penuh dari pagi hingga menjelang sore hari, tetapi semua peserta antusias karena memperoleh materi pelatihan yang berbeda dengan sebelumnya.

Pelatihan ini seolah merupakan bonus penutup dari rangkaian 8 pertemuan pelatihan Training Of Trainers (TOT) mengenai Edukasi Nutrisi bagi 3 komponen PAUD yaitu pendidik PAUD, orang tua, dan anak peserta didik PAUD se-Desa Guwosari, yang disampaikan One Earth Integral Education Foundation.

Kegiatan kedua adalah “Pelatihan Pengumpulan Data Dasar Keluarga untuk Profil Desa Guwosari” untuk profil tahun 2014. Pelatihan ini diikuti oleh masing pengurus pedukuhan se-Desa Guwosari serta 30-an muda-mudi dari Karang Taruna Desa Guwosari. Kegiatan berlangsung dari sore hingga malam hari. Materi pelatihan disampaikan oleh Bapak Edy Purwanto MSc dari SurveyMETER.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk menindaklanjuti sub program pendampingan penyusunan profil desa secara online dalam program PRODESKEL Kemendagri yang telah dilakukan SurveyMETER di desa ini. Paska kegiatan pelatihan ini pihak Desa Guwosari dengan didampingi SurveyMETER akan melanjutkan penyusunan profil desa 2014 secara mandiri dengan melibatkan 2 hingga 3 orang muda-mudi dari Karang Taruna di masing-masing dusun sebagai petugas pengumpul data lapangan. Untuk efektivitas proses pengumpuln data ini, para petugas akan masuk pada kegiatan pertemuan-pertemuan masyarakat yang ada di dusunnya dengan membagikan form data dasar keluarga. Selanjutnya mereka akan melakukan training singkat kepada masyarakat mengenai cara pengisiannya sehingga masyarakat dapat mengisinya sendiri.

Inovasi penyusunan Podeskel dengan melibatkan kalangan muda-mudi ini, juga untuk melihat perbandingan efektifitas proses pengumpulan data keluarga dimana pada tahun-tahun sebelumnya melibatkan kader posyandu setiap dusun.(JF)