SurveyMETER dalam IRSA ke-13 di Kota Malang

Kamis,28/07/2016Malang

causes

SurveyMETER turut aktif dalam forum konferensi keilmuan tahunan regional yang prakarsai oleh The Indonesian Regional Science Association (IRSA). IRSA ke-13 tahun 2016 ini digelar di Kota Malang pada 25-26 Juli 2016 bekerja sama dengan Universitas Brawijaya Malang.

Pada konferensi IRSA 13 ini SurveyMETER mempresentasikan 2 working paper. Paper pertama disampaikan oleh Edy Purwanto MSc dengan judul The Role of parental Genetic on Children’s Socio Economic Outcome. Empirical Evidence from Indonesia. Paper tersebut ditulis Edy Purwanto bersama Ni Made Sukartini dari Universitas Airlangga dan Albertus Girik Alo dari Universitas Papua.

Paper kedua berjudul The Prevalence and Risk Factors of Dementia: Evidence from a Large-Scale Survey in DI Yogyakarta dipaparkan oleh Teguh Yudo Wicaksono. Paper tersebut ditulis oleh Ni Wayan Suriastini, Firman Witoelar, Bondan Supraptilah, Teguh Yudo Wicaksono, dan Endra Dwi Mulyanto SE dari SurveyMETER serta  Dr Yuda Turana dari UNIKA Atma Jaya Jakarta & Alzheimer's Indonesia Scientific Committee.

konfrensi IRSA13_2Paper kedua tersebut merupakan hasil dari Studi Demensia di Daerah Istimewa Yogyakarta yang dilakukan pada Desember 2015 hingga Januari 2016. Studi ini merupakan studi ilmiah independen dari SurveyMETER atas support dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) melalui Knowledge Sector Initative (KSI).

Studi ini merupakan studi tentang penyakit demensia yang pertama kali dilakukan di Indonesia dengan mengambil pendekatan sampel dari populasi dengan jumlah responden 1976 lanjut usia dan 1415 pendamping (caregiver) di 1500 rumah tangga. Semua responden tersebut berasal dari 100 desa/kelurahan yang tersebar di kabupaten/kota di DIY.

Selain menggelar konferensi, pada hari Minggu (24/07/16) IRSA 13 menyuguhkan bonus berupa beberapa forum pelatihan keilmuan kepada patisipan. Salah satu forum itu diisi SurveyMETER dengan pelatihan analisa dan pengolahan data Indonesia Family Life Survey (IFLS) 1993-2014. Materi pelatihan SurveyMETER disampaikan oleh Firman Witoelar PhD, Teguh Yudo Wicaksono PhD, dan Nur Suci Arnashanti.

Gelaran IRSA ke-13 ini juga dimanfaatkan SurveyMETER untuk diseminasi dan launching data IFLS5 2014 kepada para peneliti dan kalangan akademisi nasional dan regional. Diseminasi tahap pertama dilakukan di hadapan para peneliti dan akademisi internasional pada Population Association of America (PAA) Annual Meeting 2016 pada tanggal 31 Maret hingga 2 April 2016 di Washington D.C. Pada kesempatan tersebut dilakukan juga soft-launching data IFLS5 oleh RAND Corporation dan SurveyMETER. (JF)