Persembahan SurveyMETER dalam Perayaan HLUN 2015

Senin, 01/06/2015Dusun Watugedug, Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul

causes

Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2015 yang diperingati setiap tanggal 29 Mei dirayakan SurveyMETER bersama 75 lanjut usia Dusun Watugedug, Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Kegiatan bertempat di pelataran rumah Kepala Dusun Watugedug, Bapak Mugiyanto. Acara berlangsung 29 Mei kemarin, mulai pukul 13.30 hingga 17.00 WIB.

Serangkaian kegiatan digelar dengan sukacita dalam perayaan tersebut. Diawali dengan senam lanjut usia, permainan (membuat sudi dan takir untuk lansia perempuan dan anyaman ketupat untuk lansia laki-laki), ramah tamah dengan perangkat pemerintahan setempat, potong tumpeng , pemberikan rompi kader pendamping lansia, sharing tentang permainan para lanjut usia pada saat mereka kecil, dan diakhiri dengan pembagian doorprize dari SurveyMETER.

HLUN 2015

Dari jumlah 75 lansia Dusun Watugedug yang hadir, tidak hanya lansia yang masih sehat dan mampu berjalan saja, tetapi ada beberapa lansia yang berjalan dengan dibantu tongkat pun hadir. Bahkan sebagian lansia iangin mengikuti kegiatan namun tidak memungkinkan jalan kaki karena jalanan yang naik-turun, dijemput menggunakan mobil yang sudah disediakan oleh SurveyMETER. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Desa Guwosari, Kasi Kesra, Kepala Dusun,  Ketua RT se-Dusun Watugedug, tokoh masyarakat, dan ibu-ibu PKK.

Menu kegiatan peringatan HLUN 2015 ini sangat berbeda dengan peringatan pada tahun sebelumnya. Pada peringatan HLUN tahun sebelumnya kegiatan dilangsungkan dalam bentuk kampanye (ajakan) peduli lansia dengan pembagian sticker dan bunga pasar, perempatan jalan utama DI Yogyakarta, dan ruang publik lainnya.

Selain disupport oleh SurveyMETER, peringatan HLUN 2015 di Dusun Watugedug ini juga didukung sepenuhnya oleh masyarakat Dusun Watugedug. Ibu-ibu rumah tangga di masing-masing RT secara swadaya menyumbangkan beragam jajanan tradisional untuk seperti bubur, dawet, jajan pasar dari singkong, pisang, tempe bacem, dll untuk dinikmati bersama.

Pada pembukaan acara, Kepala Desa Guwosari, H. Muhamad Suharto menyampaikan terima kasih kepada SurveyMETER atas program dan kegiatan yang langsungkan. Pak Suharto juga menyampaikan lansia di desanya bisa selalu hidup dengan sehat dan bahagia, serta selain menjaga kesehatan fisik tentunya juga kesehatan rohani.

Kegiatan peringatan HLUN 2015 di Dusun Watugedug ini merupakan wujud kasih dari SurveyMETER kepada kelompok lanjut usia di wilayah dampingan. Di antara program dampingan lanjut usia di Dusun ini yang diselenggarakan SurveyMETER sejak April 2015 hingga April 2016 nanti adalah: pemberian bantuan 3 unit alat pengukur tekanan darah (tensi meter), menghadirkan expert penanganan lansia (H. Sudiman, M. Ag dari Orsos Melati Sleman) untuk memberikan materi pendampingan kepada kader pendamping lansia, pelatihan senam lansia untuk kader pendamping lansia, homecare (kunjungan ke rumah bagi lansia yang sudah tidak mandiri), pemberian bantuan 7 buah rompi pendamping lansia (sebagai identitas kader pendamping pada saat melakukan kegiatan pendampingan), pemberian souvenir pada saat kunjungan homecare, dan pemberian dana transport kader pendamping lansia, serta berbagai kegiatan lain yang akan mensupport kader dalam melaksanaan pendampingan terhadap lanjut usia. (TPA/JF)