Semi Annual Survey dan Monitoring Kualitas Data CSO Mitra SUM2 Program

Rabu, 07/08/2013SurveyMETER

causes
Training petugas lapangan Semi Annual Survey di Kota Malang. (Foto: Dok.SUM2/SM)

SurveyMETER melaksanakan tugas pendampingan dan mentoring kepada Civil Society Organization (CSO) mitra SUM2 Program. SurveyMETER melakukan pendampingan dan mentoring pada kegiatan Semi Annual Survey (SAS) dan Monitoring Kualitas Data (MKD) dari 12 CSO tersebut.

Semi Annual Survey (SAS) dilaksanakan secara serentak oleh 12 CSO pada bulan Februari - Maret 2013. Responden SAS ini adalah kelompok dampingan (KD) dan non kelompok dampingan (Non-KD) yang berada di wilayah dampingan masing-masing CSO. Tugas mentoring SurveyMETER dalam SAS ini adalah membantu CSO untuk mendesain panduan manual dan modul (instrumen) survei, melaksanakan Training Of Trainers (TOT) di dua wilayah, melakukan koreksi, observasi lapangan, serta kegiatan-kegiatan lainnya untuk menjaga dan menjamin kualitas data.

Kegiatan selanjutnya paska SAS ini adalah pelaksanaan Monitoring Kualitas Data (MKD) dari 12 CSO tersebut. MKD dilaksanakan pada 16 Juni hingga 02 Juli 2013. Kegiatan MKD ini dilakukan dengan metode Focus Group Discussion (FGD), dimana petugas dari SurveyMETER bertindak sebagai pemandu manajerial dan pelaksana program CSO untuk mengidentifikasi dan melakukan penilaian bersama terhadap permasalahan dan kekurangan dalam manajemen kualitas data, baik pada program-program internal CSO ataupun pada pelaksanan Semi Annual Survey (SAS) 2013. Terhadap permasalahan yang ditemukan tersebut, internal CSO secara bersama-sama akan menentukan tindak lanjut untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan. Bahkan, pada saat MKD ini juga disusun timeline dan penanggungjawab untuk kegiatan-kegiatan tindak lanjut tersebut. [JF]