Site Title

  • Language

IFLS Panel Lokakarya Analisis Data

Judul : IFLS Panel Lokakarya Analisis Data
Pelaksanaan : 05.07.2010 - 05.07.2010
Lokasi : Saphir Hotel, Yogyakarta - Yogyakarta
Kategori : Pelatihan

SurveyMETER bekerja sama dengan Duke University menyelenggarakan Workshop Analisis Data Panel IFLS di Saphir Hotel Yogyakarta. Workshop berlangsung selama 12 hari, mulai 5-16 Juli 2010.

Target dari kegiatan ini adalah instansi pemerintah atau lembaga penelitian yang telah menjalin kerjasama dengan SurveyMETER dalam berbagai kegiatan. Peserta yang hadir antara lain Dinas Kesehatan Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD), Departemen Pendidikan Nasional, Bappenas, Bank Dunia, Badan Pusat Statistik (BPS), Lembaga Demografi Universitas Indonesia (LD UI), Pusat Studi Kebijakan dan Kependudukan (PSKK) UGM Yogyakarta, dan beberapa peserta luar negeri dari yaitu Singapura dan China.

Dalam worshop ini peserta diajarkan cara membaca dan menganalisis data di IFLS oleh Nick Iversen, seorang guru yang memiliki keahlian dalam analisis data Stata dari Amerika Serikat. Setiap hari, kegiatan workshop ini berlangsung mulai pukul 08:00-22:00 WIB.

Pada akhir materi workshop, semua peserta berhasil membuat tulisan (paper) yang akan diterbitkan dalam jurnal internasional. Bahkan beberapa peserta menggunakan tulisan hasil pelatihan ini sebagai tugas akhir studinya.

Dalam upacara penutupan, perwakilan dari Duke University, Elizabeth Frangkenberg dan Direktur SurveyMETER Bondan Sikoki mengharapkan semua peserta untuk berbagi pengetahuan yang telah diperoleh kepada rekan-rekan di institusi masing-masing. Harapan lainnya, dengan workshop ini, pada akhirnya semua kebijakan yang dibuat oleh semua lembaga dan instansi selalu didasarkan pada data lapangan yang ada.


Lihat Saphir Hotel di peta yang lebih besar

Not Found