Site Title

  • Language

Seminar Sehari; Pengenalan dan Penggunaan Data SAKERTI

Judul : Seminar Sehari; Pengenalan dan Penggunaan Data SAKERTI
Pelaksanaan : 16.02.2011 - 16.02.2011
Lokasi : University Club (UC) Hotel, Gadjah Mada University - Yogyakarta
Kategori : Seminar

Indonesia Family Life Survey (IFLS) atau di Indonesia dikenal dengan SAKERTI (Survei Aspek Kehidupan Rumah Tangga Indonesia) merupakan survei rumah tangga panel yang telah dilakukan 5 putaran yaitu pada tahun 1993, 1997, 1998, 2000, dan 2007. Survei ini dilakukan di 13 provinsi dan survei panel dengan keberhasilan yang tinggi dalam menemukan kembali responden, mencapai  > 90 %.

Data IFLS tersedia secara gratis di http://rand.org/labor/FLS/IFLS. Data ini telah banyak digunakan oleh para penulis dan mahasiswa S2, S3 di luar negeri. Karya ilmiah menggunakan data IFLS telah tersebar di berbagai jurnal internasional. Tetapi di Indonesia data IFLS ini belum banyak digunakan baik oleh mahasiswa, akademisi, maupun pembuat kebijakan.

SurveyMETER adalah lembaga yang telah terlibat langsung dalam pengumpulan data IFLS. Untuk memperkenalkan data IFLS bagi pengguna data di Indonesia, SurveyMETER dengan dukungan dari Yayasan melalui Program Pengembangan Sektor untuk Studi Kebijakan telah melakukan Seminar Sehari: Pengenalan dan Penggunaan Data Sakerti. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 16 Februari 2011 bertempat di UC UGM dan dibuka langsung oleh Sandra Hamid dari Asia Foundation.

Topik seminar disajikan oleh Direktur SurveyMETER Bondan Sikoki dan Manajer IT dan Data SurveyMETER Iip Umar Rifa'i. Selain seminar, juga disediakan stand data IFLS dimana para peserta dapat meminta lebih banyak tentang kuesioner ataupun dan data IFLS. Rencana paska seminar ini, untuk lebih memperdalam tentang cara menganalisa data SAKERTI, akan dilakukan lokakarya sebanyak dua kali dalam bulan Maret dan Juni 2011 mendatang.

Peserta yang hadir lebih pada seminar ini berjumlah 200 orang yang berasal dari perorangan maupun perwakilan institusi pemerintan diantaranya Bappeda Provinsi Yogyakarta, perwakilan dari perguruan tinggi seperti UGM, UNY, dan UNDIP Semarang, perwakilan dari pusat studi atau lembaga penelitian dan NGO seperti PSKK UGM, IRE, FITRA, dan perwakilan guru serta dari organisasi non-pemerintah.

Kegiatan ini telah berjalan dengan sukses dan antusiasme dari para peserta sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari sebagian besar peserta tinggal sampai selesai bahkan meskipun acara berlari sampai sore. Selain itu, antusiasme peserta juga ditunjukkan dengan kunjungan mereka ke stand Data IFLS serta kesediaan mereka yang akan berpartisipasi dalam kegiatan berikutnya yaitu lokakarya 1 dan 2.[SM]

dokumen


Lihat University Club Hotel di peta yang lebih besar

Not Found