Site Title

  • Language

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Manajemen Data Kesehatan Ibu dan Anak Terpadu di Desa dan Puskesmas Putaran 4

Judul : Pelatihan Peningkatan Kapasitas Manajemen Data Kesehatan Ibu dan Anak Terpadu di Desa dan Puskesmas Putaran 4
Pelaksanaan : 08.01.2018 - 08.01.2018
Lokasi : Grand Serela Yogyakarta, Jalan Magelang Km. 4 No. 145 Sleman DIY
Kategori : Pelatihan

Tim studi Pelatihan Peningkatan Kapasitas Manajemen Data Kesehatan Ibu dan Anak Terpadu di Desa dan Puskesmas (Sentinel) kembali melakukan pelatihan pembekalan sebelum terjun ke lapangan untuk melaksanakan kegiatan di putaran 4. Pelatihan berlangsung dari 08 – 10 Januari 2018 di Grand Serela Yogyakarta, Jalan Magelang Km. 4 No. 145 Sleman DIY.

Pelatihan diikuti oleh 28 orang asisten peneliti dan pendamping/fasilitator lapangan. Pada pelatihan putaran ke-4 ini ditekankan beberapa Aktivitas dan Output Pendampingan yang harus dilakukan tim lapangan, antara lain:

Aktivitas:

1.      Fasilitator melakukan cek akhir lembar lokus fokus dan slide analisis lokus dan fokus. Dalam aktivitas sini fasilitator melihat hasil input lembar lokus fokus apakah ada yang kurang, salah input, serta kejanggalan data yang selanjutnya dikaitkan dengan 5 dimensi gap analisis data puskesmas. Slide PPT hasil analisis lokus fokus diperiksa apakah sudah sesuai dengan kondisi grafik, apakah sudah dianalisis menggunakan SWOT atau yang lainnya, sampai dengan rencana tindak lanjut.

2.      Tim puskesmas mempresentasikan slide lokus fakus di lingkungan internal puskesmas.

Fasilitator meminta jadwal kepada pihak puskesmas kapan akan melakukan presentasi hasil analisis lokus fokus. Presentasi cukup di internal puskesmas dengan semua bagian yang terlibat dengan data yang diinput dalam lembar lokus fokus. Dalam aktivitas ini fasilitator bertindak sebagai peserta dan memberikan masukan, pertanyaan serta penilaian terhadap hasil analisis.

3.      Rencana tindak lanjut puskesmas dari hasil diskusi saat presentasi. Fasilitator berdiskusi dengan staf puskesmas terhadap rencana tindak lanjut dari hasil analisis. Selanjutnya langkah apa saja yang perlu dilakukan oleh puskesmas terkait dengan rekomendasi.

4.      Fasilitator melakukan pendampingan lanjutan terkait perbaikan dalam sumber, pengumpulan dan penjaminan kualitas data. Dari hasil presentasi, dikaitkan dengan 5 dimensi data. Selanjutnya fasilitator melakukan penekanan terhadap dimensi mana saja yang perlu diperbaiki. Lakuakan diskusi dengan puskesmas mengenai pendampingan lanjutan terkait dengan perbaikan tersebut.

5.      Fasilitator melakukan monitoring dan evaluasi dari pendampingan yang telah dilakukan. Di sini fasilitator melakukan monitoring dan evaluasi terhadap puskesmas dampingan masing-masing. Selanjutnya catat apa saja perubahan dan capaian dari hasil gap analisis 5 dimensi dan catatan perbaikan apa saja terkait dengan manajemen data puskesmas.

 

Output:

1.      Rencana tindak lanjut puskesmas dari hasil diskusi saat presentasi

2.      Peningkatan dalam pengetahuan dan kesadaran puskesmas terkait managemen data terpadu (sumber, pengumpulan, penjaminan kualitas, analisis, dan penggunaan data)

3.      Puskesmas melakukan menajemen data terpadu dan analisis lokus fokus

Not Found