Site Title

  • Language

Pelatihan STATA untuk Pengolahan Data IFLS Angkatan Ke-2

Judul : Pelatihan STATA untuk Pengolahan Data IFLS Angkatan Ke-2
Pelaksanaan : 16.01.2018 - 16.01.2018
Lokasi : Kantor SurveyMETER Jalan Jenengan Raya 109 Maguwoharjo Sleman DIY
Kategori : Pelatihan

Tanggal 16-19 Januari SurveyMETER mengadakan Pelatihan STATA untuk Pengolahan Data IFLS (Indonesian Family Life Survey) Angkatan Ke-2. Pelatihan ini merupakan gelombang kedua dari 3 angkatan Pelatihan Stata untuk Pengolahan Data IFLS yang direncanakan. Mempertimbangkan minat peserta kelas pelatihan yang diadakan pada angkatan ke-2 ini adalah kelas gabungan, STATA Dasar dan Lanjutan.  

Pelatihan dihelat di Ruang Meeting Lantai 2 Kantor SurveyMETER Jalan Jenengan Raya 109 Maguwoharjo Sleman DIY. Bertindak selaku pengajar adalah Edy Purwanto MSc yang sekaligus sebagai koordinator kegiatan dan Nur Suci Arnashanti selaku Koordinator data IFLS. Pelatihan dibuka dan diberikan pengantar mengenai data IFLS oleh Direktur Riset SurveyMETER, Firman Witoelar PhD.

Pelatihan diikuti oleh 24 peserta yang terdiri dari peneliti, praktisi, dosen serta mahasiswa S2 dan S2  dari berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri serta lembaga pemerintahan di Indonesia. Institusi, kampus, dan lembaga tempat bertugas semua peserta pelatihan angkatan ke-2 ini antara lain: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY; Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta; Victoria University of Wellington, New Zealand: Departemen Biostatistik, Epidemologi, dan Kesehatan Populasi FK UGM; LPEM FEB UI; Bagian P3ADK Setda Pemerintahan Kota Yogyakarta; BKKBN Pusat; Universitas Brawijaya Malang; Dinas Kesehatan Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi; Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, dan Universitas Prasetiya Mulya Jakarta.

Materi pelatihan selama 4 hari ini antara lain Overview IFLS, Struktur Kuesioner dan Data IFLS, Perintah Dasar STATA, Teknik Penggabungan Data (Individu, HH dan Komunitas semua putaran survei), Pembuatan dataset serta analisa regresi dara crossection (mulai dari: pemilihan dan penentuan variabel penelitian, penentuan sampel, penyusunan dataset lengkap, analisa regresi, serta menampilkan output dalam bentuk tabel dan grafik).

Pelatihan berjalan baik dan sesuai harapan peserta dan penyelenggara. Dalam lembar evaluasi kegiatan sebagian peserta menyampaikan terima kasih kepada SurveyMETER atas kegiatan berbagi pengetahuannya bahkan mereka menyarankan pelatihan rutin tiap tahun. Sebagian lain menyampaikan “unek-uneknya” dengan lugas.

“Sampai pelatihan selesai ini saya masih bingung. Mungkin karena belum familiar dengan STATA dan data IFLS yang njelimet data IFLS sehingga saya berharap di sesi awal dijelaskan terlebih dahulu setiap variabel pertanyaan. Meskipun itu membutuhkan waktu pelatihan yang lebih lama, saya tidak masalah” papar Faiza Yuniati SPd MKM, Mahasiswa Program Doktoral FKM UI.

Hal senada juga disampaikan Fovilia Dewi SKM, dari Dinas Kesehatan Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi yang sedang menempuh S2 di Fakultas Kedokteran UGM. “Menurut saya cara penyampaian materi sudah baik, hanya saja karena kami belum familiar dengan STATA sehingga harus ada 2 hal yang kami pahami dalam waktu untuk bersamaan yaitu STATA dan data IFLS. Hemat saya semua peserta pelatihan disarankan punya basic dasar STATA dan sudah men-download kuesioner IFLS terlebih dahulu. Tapi di luar hal itu, pelatihan 4 hari ini sangat bermanfaat sekali bagi saya,” terang Fovi. (JF)

https://www.google.com/maps/place/SurveyMETER+-+Indonesia/@-7.760011,110.418112,18z/data=!4m5!3m4!1s0x0:0xacde1e1d920428f6!8m2!3d-7.7595592!4d110.4183859?hl=en-US

Not Found