Site Title

  • Language

Kuliah Umum dan Pelatihan Program Stata Lanjutan untuk Pengolahan Data IFLS FISIP Universitas Lampung

Judul : Kuliah Umum dan Pelatihan Program Stata Lanjutan untuk Pengolahan Data IFLS FISIP Universitas Lampung
Pelaksanaan : 21.11.2017 - 21.11.2017
Lokasi : Gedung A FISIP Universitas Lampung
Kategori : Pelatihan

Selasa hingga Kamis (21-23 Novembr 2017), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung (FISIP UNILA) kembali mengundang SurveyMETER untuk memberikan pelatihan pengolahan data IFLS (Indonesia Family Life Survey) menggunakan program Stata. Pelatihan yang merangkap kuliah umum ini merupakan tingkat lanjutan dari pelatihan tingkat dasar yang telah dilaksanakan pada hari 4-6 Oktober 2017 lalu. Pemateri pelatihan dari SurveyMETER adalah Edy Purwanto MSc dan Nur Suci Arnashanti dibantu Agus Abidin dan Kusmaintan Widya Lestari sebagai pendamping peserta. Pelatihan dilaksanakan di Gedung A FISIP Unila.

Pelatihan diikuti oleh 27 peserta, yang terdiri dari 17 dosen dan 10 mahasiswa program S1 dari berbagai jurusan di FISIP UNILA. Semuanya merupakan peserta pelatihan tingkat dasar Oktober lalu.  Sementara data IFLS yang digunakan dalam pelatihan ini adalah data IFLS tahun 2014 (IFLS-5), baik data rumah tangga maupun data komunitas dan fasilitas.

Pelatihan diawali dengan penentuan dan pengkategorian variabel yang akan digunakan untuk analisis dengan judul “Analisis Hubungan Antara Kepemilikan dan Jenis Asuransi Kesehatan dengan Tingkat Kesehatan serta Kebahagiaan Individu Dewasa.” Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan dan pengorganisasian lembar kerja pada STATA (do-file).

Selama pelatihan peserta sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh pengajar, baik tentang data IFLS maupun tentang tata cara pengolahannya dengan menggunakan STATA. Sebagian besar peserta juga berharap akan ada lagi pelatihan berikutnya atau pendampingan dengan tema penelitian lainnya menggunakan data IFLS.

“Dengan pelatihan lanjutan ini, kami jadi makin mengetahui tentang data IFLS. Buat saya pribadi data IFLS ini seperti toserba, sangat lengkap dan kompleks karena pertanyaannya mencakup berbagai bidang dan jumlah sampelnya juga sangat besar. Jadi sangat menarik bagi kami untuk membuat jurnal-jurnal dengan data IFLS kedepannya. Kami juga sangat terbantu karena kami juga diajarkan bagaimana cara mengolah data IFLS dengan STATA, bagaimana perintah-perintah STATA untuk analisis seperti probit, logit, regresi dan lain-lain,” papar salah satu peserta Dr Sindung Haryanto MSi yang juga dosen jurusan sosiologi FISIP Unila.

Peserta lainnya, Tety Rachmawati SIP, MA, yang juga dosen Hubungan Internasional FISIP UNILA mengatakan materi pelatihan kali ini cukup bagus, apalagi cocok untuk mata kuliah yang diampunya yaitu Ekonomi Pembangunan. “Saya sangat tertarik untuk membandingkan data IFLS dengan data-data serupa IFLS tapi dari negara-negara lain. Saya juga sangat berharap akan ada pelatihan dan pendampingan berikutnya untuk tema-tema penelitian yang kami angkat.” ujar Tety. (LS)

Gedung A FISIP Universitas Lampung

Not Found