Site Title

  • Language

Pelatihan Stata Kelas Dasar untuk Pengolahan Data IFLS

Judul : Pelatihan Stata Kelas Dasar untuk Pengolahan Data IFLS
Pelaksanaan : 09.09.2017 - 09.09.2017
Lokasi : Kantor SurveyMETER
Kategori : Pelatihan

Pada 9-10 September 2017 kemarin, SurveyMETER sukses melaksanakan Pelatihan Stata Kelas Dasar untuk Pengolahan Data IFLS. Pelatihan dihelat di Ruang Meeting Lantai 2 Kantor SurveyMETER. Bertindak selaku pengajar adalah Edy Purwanto MSc yang sekaligus sebagai koordinator kegiatan didampingi oleh Nur Suci Arnashanti selaku Koordinator data IFLS. Pelatihan ini merupakan rangkaian awal dari 3 tahap pelatihan Pelatihan Stata untuk Pengolahan Data IFLS yang dilaksanakan.

Pelatihan diikuti oelh 27 peserta yang terdiri dari peneliti, dosen dan mahasisiwa program S3 maupun S2  dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Di antara peserta ada merupakan peneliti di lembaga pemerintahan seperti BKKBN pusat dan Dinas Kesehatan. Beberapa peserta lainnya merupakan anggota majelis tinggi pendidikan dari sebuah lembaga keagamaan besar di Indonesia.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan penjelasan secara lengkap mengenai IFLS mulai dari instrumen survei hingga struktur data. Dengan materi ini diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan peserta dalam menggunakan perintah stata, sehingga dapat menggabungkan semua data IFLS dengan baik dan benar.

Sebagaimana diketahui IFLS merupakan data yang sangat kaya namun tersusun dalam struktur instrumen yang sangat kompleks. Data disusun dalam ratusan file dengan tingkat pengamatan yang berbeda. Sehingga untuk mendapatkan sebuah data set dalam sebuah analisis, diperlukan keterampilan dan pemahaman yang baik dan benar tentang instrumen survei maupun alat analisis yang sesuai.

Pelatihan yang dikemas santai dan efektif dapat berjalan dengan lancar serta memuaskan peserta. Semua materi yang telah disusun dapat diberikan dengan baik. Di sela sesi foto perpisahan, sebagian besar peserta tertantang dan berjanji akan datang kembali untuk mengikuti Pelatihan Stata Kelas Lanjutan yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 – 24 September 2017 mendatang. (EP/JF)

Kantor SurveyMETER

Not Found