Site Title

  • Language

Semiloka Regional Kebijakan Berbasis Data

Judul : Semiloka Regional Kebijakan Berbasis Data
Pelaksanaan : 30.04.2013 - 30.04.2013
Lokasi : Ros In Hotel Yogyakarta
Kategori : Pelatihan

Penguatan Data sebagai Dasar Pengambilan Kebijakan

Pada Selasa (30/04/2013) yang lalu, SurveyMETER menyelenggarakan Semiloka Regional bertajuk “PENGUATAN DATA SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEBIJAKAN di Ros In Hotel Yogyakarta. Semiloka ini sekaligus menjadi agenda diseminasi hasil Studi Kebijakan Berbasis Data di 21 kabupaten/kota di 3 propinsi (Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur) yang dilakukan pada Februari-Maret 2013. Studi tersebut terselenggara berkat kerja sama SurveyMETER dan AusAID melalui The Asia Foundation.

Peserta semiloka adalah pemangku kepentingan dari 16 kabupaten/kota sampel survei yang masing-masing diwakili oleh dua SKPD yaitu Bappeda dan Dinas Pendidikan atau Dinas Kesehatan, Akdemisi, dan praktisi kebijakan. Semiloka ini dipandang sangat strategis sebagai arena untuk mewadahi pemaparan hasil studi, perdebatan gagasan, wawasan dan konsepsi penguatan data sebagai modal pengambil kebijakan dari berbagai pemangku kepentingan.

Semiloka ini digelar sebagai forum yang mempertemukan beberapa agenda materi yaitu; Pemaparan hasil studi oleh Dani Alfah, S.Sos. MPA peneliti SurveyMETER; Pengalaman dan dinamika Pemerintah Daerah dalam pengambilan kebijakan berbasis data oleh Ir.  Sutrisno MES, Ketua Dewan Riset Daerah Kabupaten Sleman Provinsi DIY; Merumuskan tindak lanjut perbaikan data untuk proses perumusan kebijakan disampikan oleh Dr. Gabriel Lele, Dosen Pasca Sarjana UGM Yogyakarta; dan Diskusi/sharing penguatan data sebagai landasan dasar penyusunan perencanaan pembangunan dalam bingkai agenda otonomi daerah oleh Dra. Suci Iriani Sinuraya dari Bappeda Kabupaten Sleman. (JF) 

Not Found